Wisata Gunung Kerinci, Atapnya Pulau Sumatera

Gunung Kerinci – Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung yang ada di Pulau Sumatera. Gunung yang merupakan puncak tertinggi dari Pulau Sumatera ini merupakan salah satu destinasi hiking yang paling diminati oleh para pecinta alam dan juga para pendaki gunung.

Keindahan alam disertai dengan ‘embel-embel’ puncak tertinggi Sumatera menjadi daya tarik utama bagi para pendaki gunung. Banyak para pendaki gunung yang mendaki gunung ini demi mendapat julukan ‘Penakluk Puncak Sumatera’.

Di Gunung Kerinci konon kabarnya masih terdapat beberapa misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Menurut kabar dari masyarakat sekitar, di gunung ini terdapat manusia yang terbilang tidak wajar. Kabarnya manusia ini memiliki tubuh yang pendek dan juga posisi kaki yang terbalik.

Lokasi Gunung Kerinci

Gunung-Kerinci-Jambi

Gunung Kerinci adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang tepatnya terletak di daerah Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Gunung Kerinci sendiri masih merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Akses Masuk

Ada beberapa akses masuk yang dapat dimanfaatkan untuk mendaki gunung ini. Meskipun begitu, kebanyakan pendaki biasnya menggunakan akses jalur Kersik Tuo. Jalur ini berada di daerah Kayu Aro.

akses-masuk-gunung-kerinci

Untuk berada di Kresik Tuo, jalur yang paling cepat adalah dari Kota Padang. Ada banyak jasa angkutan umum maupun jasa penyewaan mobil pribadi yang menawarkan jasa transportasi dari Kota Padang ke daerah Kresik Tuo. Lama perjalanan yang dibutuhkan dari Kota Padang ke daerah Kresik Tuo adalah sekitar 8 – 10 Jam. Rata-rata ongkos satu kali perjalanan dari Kota Padang ke Kresik Tuo menggunakan angkutan umum adalah sekitar 185 ribu rupiah per orangnya.

Setelah berada di daerah Kresik Tuo, Anda dapat memulai pendakian dari pintu masuk gunung yang diberi nama Pintu Rimba. Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam pendakian normal adalah sekitar 10 jam.

Akomodasi

Untuk menjamin keselamatan Anda, maka sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu sebelum dan sesudah mendaki gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini. Hal ini dikarenakan untuk mendaki gunung ini, Anda membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Jarak yang jauh disertai dengan medan yang sangat berat dan terjal tentunya akan menguras tenaga Anda.

Jika Anda menggukanan akses masuk dari daerah Kresik Tuo, Anda dapat memanfaatkan home stay yang ada di sekitaran daerah ini. Ada banyak home stay milik penduduk sekitar yang sengaja disiapkan untuk para pendaki Gunung Kerinci. Biaya yang dibutuhkan untuk satu malam menginap di home stay milik warga ini adalah sekitar Rp. 35.000 per orang nya.

Tidak hanya menyediakan jasa penginapan, beberapa homestay yang ada di daerah ini juga turut menyediakan jasa pemesanan makanan. Anda bisa memesan berbagai macam menu makanan untuk sarapan dan juga untuk bekal Anda selama di perjalanan mendaki Gunung Kerinci.

Tahapan Pendakian

  • Simpang Macam – Pintu Rimba (20 Menit Perjalanan dengan Kendaraan Bermotor, 1800 mdpl)
  • Pintu Rimba – Pos 1 (30 Menit Perjalanan, 1900 mdpl)
  • Pos 1 – Pos 2 ( 30 Menit Perjalanan, 2000 mdpl)
  • Pos 2 – Pos 3 ( 45 Menit Perjalanan, 2250 mdpl)
  • Pos 3 – Shelter 1 ( 2 Jam Perjalanan, 2500 mdpl)
  • Shelter 1 – Shelter 2 (3,5 Jam Perjalanan, 2950 mdpl)
  • Shelter 2 – Shelter 3 (1,5 Jam Perjalanan, 3200 mdpl)
  • Shelter 3 – Puncak Gunung Kerinci (3 Jam Perjalanan, 3805 mdpl)

Jika Anda ingin mendirikan tenda di tengah perjalanan, maka kami sarankan Anda untuk mendirikan tenda di sekitaran pos 3 dan shelter 1. Di lokasi ini ada lokasi tanah lapang yang cukup luas yang dapat digunakan untuk mendirikan sekitar 5 – 6 tenda.

Wisata Gunung Kerinci, Atapnya Pulau Sumatera | Zikra | 4.5