Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik

Tempat wisata di Samarinda, jangan Anda berpikir mengenai batu-batuannya saja. Selain terdapat bebatuan yang memang menarik untuk siapapun yang melihatnya, Samarinda juga memiliki tempat wisata alam yang cukup menarik dan unik untuk Anda ketahui lebih lanjut. Sudah diketahui bahwa bila membahas mengenai Samarinda, pasti yang terlintas di benak Anda adalah batu permatanya yang begitu cantik. Memang Samarinda memang merupakan penghasil batuan permata terbaik di Indonesia. Namun tidak hanya Indonesia saja yang mengakui keindahan dari batu permata di Samarinda, wisatawan asing pun turut mengakui keindahannya. Tidak sedikit wisatawan asing yang turut meramaikan tempat penjualan dari batu permata ini di Samarinda.

Beralih dari batuan permata, kembali ke tempat wisata di Samarinda. Apabila Anda ingin mengunjungi Samarinda untuk menghabiskan hari libur bersama dengan keluarga atau kerabat terdekat, Anda nampaknya berkunjung ke kota yang tepat. Samarinda memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang menarik untuk Anda selidiki lebih lanjut lagi. Namun di Samarinda memang tidak seperti daerah lainnya yang kaya akan pantai-pantai cantiknya, Samarinda memiliki beberapa tempat wisata meski tidak melulu soal pantai.

  1. Air Terjun Pinang Seribu

air terjun pinang seribu

Air Terjun Pinang Seribu ini merupakan tempat wisata di Samarinda yang mulai dikenal tidak hanya lingkup domestik saja. Anda bisa menemukan beberapa warga negara asing jika Anda berkunjung ke tempat ini. Ini memanglah seperti air terjun pada umumnya, yang mengalirkan air dari atas ke bawah, namun ada yang menarik dari air terjun Pinang Seribu ini. Yang membuatnya menarik adalah air terjun ini terlihat seperti anak tangga atau undak-undakan. Sehingga apabila Anda mengunjungi air terjun ini, Anda bisa menaikinya dengan aman, sebab air yang mengalir pun tidak begitu deras tidak seperti air terjun pada umumnya.

  1. Air Terjun Tanah Merah

air terjun tanah merah

Air Terjun Tanah Merah merupakan tempat wisata di Samarinda yang cukup unik dan bisa membuat Anda bingung sejenak ketika berada di tempat ini. Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini, mempunyai aliran air yang begitu jernih dan menyegarkan. Namun ketika air tersebut jatuh ke kolam, airnya berubah menjadi keruh kemerahan. Sempat bingung dengan kondisi seperti ini? Anda tidak perlu bingung, sebab tanah yang ada di kolam tersebut adalah berjenis gambut, sehingga memungkinkan air yang jatuh di dalamnya akan bercampur dan berubah warna menjadi kemerahan. Di tempat wisata alam Samarinda ini sudah terdapat gazebo untuk Anda beristirahat.

  1. Telaga Permai Besaung

telaga permai batu besaung

Ini merupakan tempat wisata di Samarinda yang bisa dibilang cukup menyehatkan. Sebab untuk mencapai tempat ini Anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam lamanya. Hal ini dikarenakan Telaga Permai Besaung berada di dalam komplek perkemahan, sehingga tidak memungkinkan untuk Anda membawa kendaraan bermotor di dalamnya. Sebab komplek ini benar-benar dijaga keasriannya sehingga tidak menimbulkan kerusakan alam. Telaga Permai Besaung bukanlah sebuah air terjun, melainkan undak-undakan dari aliran air sungai yang deras, sehingga menghasilkan deburan air bak air terjun. Di sini Anda bisa menikmati kesegaran air telaga dan juga kedamaian suasana yang terdapat di tempat tersebut.

  1. Pulau Beras Basah

pulau beras basah

Setelah membahas mengenai tempat wisata di Samarinda yang berbau air terjun, kini Anda bertemu dengan air laun yang terasa asin. Pulau Beras Basah bisa Anda tempuh dengan estimasi waktu sekitar 3 jam untuk perjalanannya. Namun rasa lelah Anda akan terbayar lunas ketika Anda sudah bertemu dengan jernihnya air laut di sini juga gradasi air laut yang kebiruan. Anda akan merasakan kesegaran air laut yang menerpa wajah dan dari atas pun Anda sudah bisa melihat kehidupan bawah laut yang begitu damai. Wisata alam Samarinda ini memang tidak ada duanya, Anda bisa dengan bebas bermain di pantai ini tanpa gangguan. Sebab pantai ini masih termasuk pada pantai yang tergolong perawan, sebab jaraknya yang harus ditempuh membuat para wisatawan berkunjung ke sana.

Itulah beberapa tempat wisata di Samarinda yang berhubungan dengan alam, yang bisa Anda kunjungi kapanpun Anda suka. Memang tidak banyak pantai yang bisa Anda temui di sini, namun banyak tempat alam lainnya yang bisa Anda temui yang tidak kalah menariknya dengan pantai. Selain itu ada tempat menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi.

Anda bisa mengunjungi tempat pembuatan kain tenun. Ini memang bukanlah tempat wisata di Samarinda, namun karena keunikannya membuat tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Anda bisa langsung melihat bagaimana cara pembuatan kain tenun asli dari Samarinda. Alat yang digunakan untuk membuat kain tenun ini masih menggunakan alat yang tradisional, sehingga butuh waktu pengerjaan yang cukup lama untuk menyelesaikan satu kain tenun saja. Anda juga bisa membelinya untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Tempat Wisata di Samarinda Yang Menarik | Dina Qyu | 4.5