Tempat Wisata di Probolinggo Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Probolinggo yang menarik untuk dikunjungi sangat banyak. Probolinggo adalah salah satu wilayah di Jawa Timur yang terkenal kaya akan tempat wisata dengan berbagai pemandangan yang indah. Berbagai wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan dari manca negara sering menjelajahi wilayah ini untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo didominasi wisata alam, seperti wisata pegunungan, air terjun, danau, sungai dan wisata laut. Meskipun demikian, daerah ini juga berpotensi untuk pengembangan wisata religi, wisata budaya dan wisata pendidikan. Berikut rangkuman berbagai pesona wisata alam yang tersebar di wilayah Kabupaten Probolinggo yang sayang jika dilewatkan:

Tempat Wisata di Probolinggo

  1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu icon tempat wisata di Probolinggo, magnet bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang menggoda mereka untuk menjelajahi dan menikmati pesona keindahan alamnya. Gunung yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki ketinggian 2392 m dpl, dan menghadiahkan kepada kita lautan pasir dengan luas 5.250 hektar. Gunung yang masih aktif ini biasa disebut dengan gunung Brahma, salah satu Dewa dalam kepercayaan agama Hindu.

Daya tarik paling menarik dari objek wisata ini yaitu menyaksikan pesona keindahan alam luar biasa yang tersuguhkan tepat pada saat matahari terbit. Anda harus sampai di puncak Bromo paling tidak sebelum jam 04.00 supaya bisa menikmati momen yang sangat indah tersebut. Setelah menikmati pesona matahari terbit, Anda bisa melanjutkan petualangan ke tempat wisata di Probolinggo yang lainnya, yaitu Segara Wedi, lautan pasir yang dihasilkan dari letusan gunung ini. Pada saat ada angin yang berhembus, hamparan pasir ini akan beterbangan sehingga menimbulkan suara sayup sampai. Oleh sebab itu, tempat eksotik ini juga dikenal sebagai tempat “pasir berbisik”.

  1. Pantai Bentar

Pantai bentar

Pantai Bentar adalah salah satu unggulan tempat wisata di Probolinggo. Pantai Bentar terletak di Kecamatan Gending, kurang lebih 8 km berkendara dari pusat kota. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan khas pantai utara Jawa. Terdapat fasilitas dermaga atau jembatan panjang agar wisatawan leluasa menikmati keindahan pantainya. Jika Anda cukup beruntung, Anda bisa menikmati pemandangan langka yang tak setiap saat bisa dinikmati, yaitu penampakan dari whale shark atau di sini sering disebut dengan hiu tutul. Biasanya gerombolan hiu tutul ini terlihat di bulan Januari sampai Maret. Dengan menggunakan mata telanjang, Anda sudah bisa menikmati pemandangan ini dari bibir pantai. Hiu-hiu tersebut hanya berenang berjarak sekitar 1 km dari bibir pantai. Konon kabarnya hiu-hiu tersebut bermigrasi dari Laut Australia karena cuaca yang tak menguntungkan mereka untuk di sana di bulan-bulan tersebut.

  1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun madakaripura

Tempat wisata di Probolinggo yang satu ini tak kalah menariknya, yaitu Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini berjarak hanya sekitar 5 km dari jalan raya menuju Gunung Bromo atau sekitar 30 km dari pusat kota Probolinggo. Air Terjun Madakaripura dipercaya sebagai tempat pesanggrahan terakhir dari Patih Gajah Mada, Mahapatih Kerajaan Majapahit di jaman Raja Hayam Wuruk. Air terjun Madakaripura dijuluki sebagai air terjun abadi, karena air terjun ini tidak pernah berhenti mengalirkan air dari puncak air terjun. Lokasi air terjun yang menjulang tinggi ini tersembunyi, terletak di ujung lembah di kaki Pegunungan Tengger. Patung dari Mahapatih Gajah Mada akan menyambut Anda begitu Anda memasuki tempat wisata yang sangat populer di Probolinggo ini.

  1. Arung Jeram Pekalen

Arung jeram pekalen

Bentaran sungai Pekalen ini berjarak 29 km, dan masuk dalam 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Tiris, Kecamatan Maron dan Kecamatan Gading. Dengan jarak yang begitu panjang dan melewati tiga karakter wilayah berbeda, sungai Pekalen sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat wisata di Probolinggo yang mampu memacu adrenalin, seperti arung jeram. Background panorama alam yang sangat indah, dilengkapi dengan air terjun dan goa-goa kelelawar di sekelilingnya serta beberapa satwa langka yang berkeliaran di kanan dan kirinya, membuat tempat ini menjadi tempat favorit untuk melakukan arung jeram maupun rafting.

  1. Pulau Gili Ketapang

Pulau gili ketapang

Pulau Gili Ketapang adalah pulau kecil di Selat Madura yang berjarak sekitar 8 km dari pantai Probolinggo. Pulau ini mayoritas penduduknya adalah Suku Madura. Pulau ini memiliki luas berkisar 68 hektar, dan bisa diakses melewati Pelabuhan Tanjung Tembaga. Di pulau cantik ini Anda bisa melakukan olahraga snorkeling, atau menikmati indahnya panorama laut seperti terumbu karang dan pulau karang yang berbentuk putri cantik. Pulau cantik ini adalah salah satu tempat wisata di Probolinggo yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Demikianlah ulasan mengenai pesona wisata alam, tempat wisata di Probolinggo yang sungguh sayang bila dilewatkan. Karena berbagai tempat wisata di Kabupaten Probolinggo tersebut menyuguhkan keindahan yang tidak biasa, yang hanya bisa ditemukan di tempat tersebut. Tak hanya keindahan alam, kabupaten ini juga menjanjikan berbagai tempat wisata lain yang sangat sayang untuk dilewatkan, seperti candi, museum, pasar wisata religi, wisata budaya, dll. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari alternatif tempat wisata untuk liburan keluarga.

Tempat Wisata di Probolinggo Yang Wajib Untuk Dikunjungi | Dina Qyu | 4.5