Tempat Wisata di Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Pekalongan, Anda pasti bertanya-tanya memangnya ada? Jangan salah, Pekalongan ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang sebelumnya belum pernah terekspose oleh media ataupun siapapun yang biasanya mencari tahu mengenai tempat-tempat wisata di beberapa daerah. Memang, Pekalongan memanglah sentranya batik di Jawa Tengah. Sudah tidak dapat di ragukan lagi bahwa Pekalongan memiliki ciri khas yang unik ketika berbicara mengenai batik. Bahkan untuk hal yang satu ini sudah dipercaya dan diakui oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Lantas, bagaimana dengan wisata di Pekalongan? Anda pasti akan terkejut.

Tempat wisata di Pekalongan sebenarnya cukup banyak. Hanya saja tidak ada orang yang terlalu melihat potensi wisata di sana. Sebab mayoritas dari pengunjung di Pekalongan hanya berurusan dengan batiknya saja, rata-rata pengusaha yang berkunjung ke sana. Padahal, wisata di Pekalongan patut diacungi jempol dan mungkin Anda tidak akan percaya bahwa tempat-tempat di bawah ini berada di Pekalongan. Walaupun memang potensi wisata di sini tidak ada atau jarang yang berhubungan dengan pantai, tidak seperti kota pesisir yang pasti mengandalkan pantainya untuk tujuan berwisata.

Tempat Wisata di Pekalongan

  1. Pantai Pasir Kencana

Pantai pasir kencana

Bisa dibilang, Pantai Pasir Kencana adalah satu-satunya tempat wisata di Pekalongan yang berhubungan dengan pantai. Sebab hanya di sinilah segala aktivitas mengenai air laut berkumpul. Jika Anda ke sini, jangan heran jika pengunjungnya sangat banyak, sebab untuk melihat matahari terbenam atau sunset, di sini lah tempatnya. Ketika matahari mulai kembali ke peraduannya, tiba-tiba suasana di sana akan sunyi seketika sebab hampir semua mata memandang kagum ke arah matahari tersebut. Memang tidak bisa dipungkiri sunset di sini memang indah. Selain itu, di sini sudah terdapat wahana permainan, sehingga bila Anda mengajak anak untuk ke sini Anda tidak perlu khawatir akan kesenangannya.

  1. Desa Wisata Lolong

Desa wisata lolong

Ini merupakan tempat wisata di Pekalongan yang cukup komplit. Sebab, dengan Anda mengunjungi tempat ini, Anda sudah bisa menikmati wisata alam dan juga wisata kuliner yang terdapat di desa tersebut. Untuk wisata alamnya, Anda bisa menikmati segarnya river tubbing, yang artinya menyusuri sungai Sengkarang dengan menggunakan ban dalam sebagai alatnya. Air di sungai ini cukup deras, sehingga Anda dapat memacu adrenalin di sini. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada petugas yang memberikan keamanan untuk Anda selama Anda melakukan river tubbing tersebut. Setelah berbasah-basahan, Anda bisa menyantap durian asli Pekalongan yang begitu nikmat.

  1. Curug Bajing

curug bajing

Bila Anda masih kurang puas berbasah-basahan di sungai Sengkarak, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Pekalongan lainnya yaitu Curug Bajing. Untuk dapat menuju ke tempat ini, Anda bisa menempuh waktu dengan estimasi sekitar 1,5 jam saja dari pusat kota Pekalongan. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi akan jauh lebih mudah aksesnya. Selama di perjalanan menuju tempat indah di Pekalongan ini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa asri. Kanan kiri Anda akan terlihat pepohonan yang sangat hijau, dan terlihat pula lahan persawahan yang begitu hijau menyedapkan mata. Sesampainya di curug ini, Anda akan merasakan kesegaran air yang begitu nikmat. Namun Anda jangan berendam di kolam ini, sebab arus air terjun ini cukup deras dan membahayakan Anda.

  1. Gunung Rojojembangan

Gunung rogojembangan

Ini merupakan tempat wisata di Pekalongan yang membutuhkan tenaga ekstra untuk para pengunjungnya. Membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk Anda dapat mengunjungi tempat ini. Meski begitu, Anda akan merasakan kesegaran udara tanpa polusi yang begitu menyehatkan tubuh Anda. Tidak ada kebisingan kendaraan bermotor, tidak ada polusi udara yang begitu tinggi, yang ada hanyalah kicauan burung yang terus menyanyi untuk Anda. Ketika dalam perjalanan Anda bisa menyaksikan satu curug yang memiliki aliran air yang begitu deras, seperti pada curug Bajing tadi. Sesampainya di gunung ini, Anda bisa beristirahat sembari melihat pemandangan bawah kota Pekalongan yang begitu kecil namun menyenangkan.

Itulah beberapa tempat wisata di Pekalongan yang bisa Anda coba ketika Anda berkunjung ke Pekalongan. Untuk ke sana, sebaiknya Anda membawa beberapa pakaian hangat, sebab udara di sana cukup dingin karena berdekatan dengan kaki gunung. Meski begitu Anda akan dapat menikmati hijaunya daerah pegunungan yang mungkin tidak Anda nikmati setiap harinya.

Yang terpenting adalah ketika Anda berkunjung ke tempat wisata di Pekalongan ataupun tempat wisata daerah manapun, Anda harus bisa turut menjaga keasrian lingkungan tersebut. Jangan sampai kehadiran Anda membawa dampak buruk ada tempat yang Anda kunjungi tersebut. Justru menyenangkan jika Anda dan warga dapat turut menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan, sebab akan dapat Anda nikmati kembali di lain waktu.

Tempat Wisata di Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi | Dina Qyu | 4.5