Tempat Wisata di Manado dan Kuliner Khas Manado

Kota Manado merupakan kota yang indah untuk dikunjungi karena banyak tempat wisata di Manado yang menarik dan menantang. Kota Manado sendiri berada di kota dengan panjang garis pantainya kira-kira 17 km yang letaknya berada di teluk Manado dan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado juga mendapat julukan sebagai Kota Tinutuan karena dikelilingi oleh daerah pegunungan dan perbukitan. Obyek wisata yang ditawarkan oleh kota Manado pun sangat menarik dan wajib dikunjungi jika Anda sedang berada di kota ini. Diantaranya Anda bisa mengunjungi, Taman Nasional Bunaken, Air Terjun Tinoor, Danau Tondan dan masih banyak tempat wisata menarik lainnya.

Sebelum kita membahas obyek wisata yang menarik di kota Manado, alangkah baiknya Anda juga harus mengetahui sekilas mengenai asal usul kota Manado terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar Anda lebih bangga dengan daerah, pemandangan serta obyek wisata di Manado yang menantang. Sebenarnya nama kota Manado diambil dari sebuah nama pulau yang letaknya berada di sebelah Pulau Bunaken yakni Pulau Mana Dou. Di dalam bahasa Indonesia arti Mana Dou sendiri berarti di jauh dan mulai digunakan untuk nama daerah sekitar tahun 1623. Banyak sekali para wisata yang mengunjungi kota Manado untuk menjelajahi tempat wisata di Manado yang indah, baik pantai maupun pegunungannya. Sehingga bagi Anda yang sedang berjalan-jalan di kota Manado jangan lupa kunjungi obyek wisata di bawah ini.

  1. Pulau Bunaken

Pulau Bunaken

Pulau Bunaken merupakan tempat wisata di Manado yang menampilkan keindahan pada pemandangan bawah lautnya yang indah. Bagi Anda yang sangat suka mengambil foto pemandangan di bawah laut dan suka menyelam, sangat disarankan untuk mengunjungi obyek wisata ini. Pemandangan yang jarang ditemukan oleh tempat wisata lainnya yakni biota laut yang menakjubkan yang terdiri dari berbagai macam bentuk terumbu karang dan jenis ikan yang indah di bawah laut pulau ini. Sebaiknya jika Anda ingin mengunjungi pulau Bunaken, waktu terbaik yang bisa Anda gunakan yakni pada bulan Mei hingga Agustus karena di bulan itu air laut di Pulau Bunaken terlihat lebih jernih sehingga membuat jarak pandang semakin jauh.

  1. Pantai Malalayang

pantai malalayang

Pantai Malalayang juga tidak kalah menarik dengan pulau Bunaken, Pantai Malalayang juga menyajikan pemandangan bawah laut yang indah dan menarik. Di pantai Malalayang disediakan penyewaan alat selam bagi yang ingin menyelam dan tidak sulit untuk menemukan tempat penyewaan alat selam tersebut. Jika Anda menginap di pantai Malalayang, sebaiknya jangan melewatkan tempat wisata di Manado pemandangan ketika matahari terbit karena akan terlihat indah dan cantik tidak kalah dengan pantai yang berada di Indonesia. Selain Anda bisa menikmati pemandangan pantai, Anda jangan melewatkan jajanan kuliner seperti pisang goreng dicampur dengan sambal dabu-dabu yang sangat khas.

  1. Danau Tondano

danau tondano

Tempat wisata di Manado lainnya yang bisa anda kunjungi yaitu danau vulkanik atau disebut dengan Danau Tondano. Yang menarik dari obyek wisata ini yaitu di tengah Danau Tondano terdapat sebuah pulau kecil seperti pulau Samosir yang ada pada Danau Toba. Danau Tondano memiliki luas kira-kira 4.000 hektar dan 600 m dpl letaknya di daratan tinggi. Sehingga dengan mudah, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dan dapat melihat nelayan sedang menangkap ikan atau pengunjung dapat berkeliling menggunakan perahu yang sewaan. Ketika pengunjung sudah puas menikmati segala pemandangan di Danau Tondano, pengunjung dapat menikmati obyek wisata kuliner yang enak dan khas seperti masakan dari olahan ikan betutu atau ikan tawar dan makanan khas lainnya yang enak.

  1. Taman Tandurusa

taman tandurusa

Tempat wisata tandu rusa merupakan tempat wisata di Manado 2015. Jika pengunjung atau wisatawan ingin mengunjungi tempat ini, maka membutuhkan waktu kira-kira 2 jam perjalanannya dari sebuah pusat kota yang letaknya di Kecamatan Aertembaga. Di taman Tandurusa ini, pengunjung akan menemui berbagai jenis macam hewan asli dari Sulawesi antara lain monyet hitam, jenis burung yang bermacam-macam, tarsius dan hewan lainnya. Hewan tarsius merupakan jenis hewan yang mempunyai bentuk tubuh unik. Hewan ini hampir mirip dengan monyet, akan tetapi pada hewan ini mempunyai tangan dan kaki yang panjangnya melebihi tubuh, mempunyai mata yang bulat dan besar serta ukuran tubuhnya tidak lebih 15 cm. Itulah tempat wisata di Manado dengan berbagai macam jenis hewan asli.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Manado mempunyai obyek wisata yang indah dan menarik. Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga karena negeri ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa. Bahkan banyak turis dari luar negeri yang rela mengunjungi kota Manado hanya ingin menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Sebaiknya jika Anda berkunjung di tempat wisata di Manado, sempatkan sejenak untuk mencicipi jajanan kuliner khas Manado yaitu bubur Manado. Bubur Manado ini berbeda dengan bubur lainnya yang biasa ditemui. Bahan dasar pembuatan bubur Manado terbuat dari beras yang dicampur dengan menggunakan aneka sayuran. Selain itu, wisata kuliner di Manado lainnya yakni satu atau berupa sayuran yang dibuat dari batang pisang muda yang sudah dipotong kecil, dibumbui dan dicampur dengan beberapa daging yang kemudian dimasukkan dalam batang bambu dan dibakar selama waktu tertentu.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tempat wisata di Manado yang harus Anda kunjungi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari obyek wisata indah di kota Manado.

Tempat Wisata di Manado dan Kuliner Khas Manado | Dina Qyu | 4.5