Tempat Wisata di Kudus Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Kudus terbilang cukup banyak, meskipun Kudus merupakan Kabupaten terkecil di Jawa Tengah. Kabupaten dengan luas wilayah 42,5 hektar ini terkenal sebagai kota kretek. Beberapa perusahaan rokok seperti Djarum, Nojorono, Sukun dan perusahaan rokok berskala kecil menjadi denyut nadi bisnis di kota ini. Selain terkenal dengan predikat Kota Kretek, kota kecil ini juga dikenal sebagai Kota Santri, menilik pada sejarah yang menyebutkan bahwa Kudus merupakan salah satu pusat dari penyebaran agama Islam. Hal ini terbukti dengan ditemukannya dua makam Sunan di kota ini, yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Selain itu, Kudus juga memiliki beragam objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa objek wisata di Kudus yang bisa Anda kunjungi:

  1. Kawasan Wisata Colo

Kawasan wisata colo

Kawasan wisata Colo merupakan tempat wisata di Kudus yang terkenal dengan wisata religi sekaligus wisata alamnya. Obyek wisata ini terletak di Desa Kajar, Desa Colo dan Desa Japan. Anda bisa ziarah ke makam Sunan Muria, atau sekedar menikmati kesejukan dan keindahan alam pegunungan di wilayah ini. Makam Sunan Muria terletak di Pegunungan Muria, tepatnya di Desa Colo. Untuk menuju ke sana, Anda harus melewati tangga yang cukup tinggi, di mana sekelilingnya ramai dengan para pedagang makanan, pakaian dan berbagai jenis cinderamata. Jika Anda tak ingin menaiki tangga tersebut, Anda bisa menggunakan ojek yang bisa Anda temukan tak jauh dari terminal wisata tersebut. Tentu saja dengan menggunakan ojek ini Anda perlu membayar sejumlah uang yang nantinya ditawarkan oleh si pengemudi ojek. Namun begitu, Anda perlu tawar menawar harga ojek agar tidak terlalu mahal.

  1. Menara Kudus

Menara kudus

Menara Kudus merupakan ikon dari tempat wisata di Kudus. Bangunan menara ini tersusun dari batu bata, dan bagian atapnya berbahan kayu berbentuk limas. Menara ini terletak di dalam kompleks Masjid Al Aqsha, dan sampai sekarang masih digunakan sebagai penanda waktu shalat. Sebelum adzan dikumandangkan di masjid ini, petugas masjid akan menabuh beduk yang terletak di bagian atas dari menara tersebut.

Selain masjid dan menara, di kawasan tempat wisata di Kudus ini juga terdapat makam dari salah satu penyebar agama Islam masa lalu, yaitu Makam Sunan Kudus. Sunan Kudus merupakan salah satu anggota dari Walisongo yang banyak mengajarkan ilmu agama di kota ini. Tak heran jika kota ini dijuluki sebagai Kota Santri. Makam Sunan Kudus dan Menara Kudus sampai saat ini masih menjadi tujuan utama dari para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Pada umumnya, mereka datang untuk sekedar berziarah atau hanya sekedar berwisata dan mengabadikan momen plesiran di Kudus.

  1. Rahtawu

Rahtawu

Rahtawu adalah salah satu tempat wisata di Kudus yang terkenal. Sebuah desa kecil yang sangat indah yang terletak di lereng gunung Muria. Desa ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa dan suasana khas pedesaan yang akan membuat kita lupa dengan hiruk pikuk kota. Desa ini terletak di ketinggian 1.627 mdpl. Selain menikmati suasana pegunungan yang masih segar, kita bisa bermain di sungai yang sangat jernih dengan dihiasi batu kali dan ikan yang berlarian mengikut arus sungai. Selain itu, kita juga dapat mengunjungi bangunan-bangunan pertapaan yang masih bisa kita temukan di desa ini.

  1. Wisata Alam Rejenu

wisata alam rejenu

Tempat wisata di Kudus yang tak kalah menarik adalah wisata alam Rejenu. Wisata alam Rejenu ini terletak di Desa Japan Utara, di pegunungan Argo Jembarangan, Gunung Muria. Yang menarik dari obyek wisata di Kudus ini adalah ditemukannya tiga sumber mata air yang mengeluarkan tiga rasa yang berbeda-beda. Setelah menikmati keindahan alam di mata air tiga rasa, selanjutnya Anda bisa sekalian berkunjung ke salah satu kawasan wisata di Kudus, yaitu air terjun Gonggomino yang terletak tak jauh dari sana.

  1. Museum Kretek

museum kretek

Museum Kretek merupakan tempat wisata di Kudus yang dibangun sebagai penanda Kudus adalah Kota Kretek. Museum ini terletak di Desa Getas Pejaten, sekitar 3 km dari pusat kota. Anda bisa menyaksikan berbagai peralatan dan juga mesin-mesin tradisional yang digunakan untuk membuat rokok kretek dan klobot di jaman dulu di museum ini. Selain itu, museum ini juga mengijinkan Anda menikmati perjalanan sejarah rokok di Kudus melalui beberapa foto sejarah dan diorama yang memperlihatkan proses pembuatan rokok tempo dulu.

Demikianlah uraian mengenai berbagai tempat wisata di Kudus yang cukup terkenal. Anda bisa mengunjungi obyek wisata terkenal di Kudus tersebut untuk menghabiskan akhir pekan Anda bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Tak perlu khawatir, karena akses jalan menuju tempat wisata di sana sangatlah mudah dilalui. Anda bisa menempuhnya menggunakan motor ataupun kendaraan roda empat. Semoga bermanfaat.

Tempat Wisata di Kudus Yang Wajib Dikunjungi | Dina Qyu | 4.5