Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Populer

Tempat wisata di Ciwidey paling memikat. Ciwidey Bandung merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Ada banyak tempat wisata menarik di Ciwidey Bandung seperti Situ Patenggang dan Kawah Putih. Objek wisata Bandung di Ciwidey mempunyai pesona wisata yang begitu indah. Ciwidey merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung. Adapun nama Ciwidey sendiri diadopsi dari bahasa Portugis, yaitu Ciwi berarti nama buah Kiwi dan Dey yang memiliki arti hari. Ciwidey sendiri sejak dulu sudah menjadi sudah menjadi tempat pariwisata yang menyenangkan baik dari kawahnya, perkebunannya maupun produk-produk pertaniannya sehingga cocok bagi siapa saja yang ingin melepas penat di sela kesibukan beraktivitas sehari-hari.

Bagi Anda yang belum mengetahui detil dari tempat wisata di Ciwidey, berikut akan di sajikan informasi mengenai tempat pariwisata yang ada di sana:

  • Situ Patengan

Tempat pariwisata di Ciwidey yang pertama adalah Situ Patengan. Situ Patengan atau di kenal juga dengan Situ Patenggang merupakan salah satu danau yang sangat indah di daerah Bandung tepatnya Ciwidey yang terletak tepatnya di perkebunan Rancabali milik salah satu perusahaan BUMN PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) dengan keindahan yang tiada duanya. Jarak tempuh untuk menuju tempat wisata di Ciwidey ini kurang lebih 47 km dari kota Bandung dan bisa menyewa perahu yang di banderol dengan harga sekitar Rp. 150.000,- sampai dengan Rp. 250.000 atau tergantung jumlah penumpang yang menaiki perahu tersebut.

Situ patenggang

Untuk lebih memaksimalkan berwisata ke tempat ini adalah bersama dengan keluarga atau teman karena situ Patengan termasuk tempat pariwisata favorit yang di khususkan untuk keluarga. Tiket masuk ke tempat wisata di Ciwidey ini tidak mahal dan hanya di banderol sekitar Rp. 15.000 saja setiap orangnya namun belum termasuk ongkos parkir di dalamnya. Selain itu jika kebetulan Anda membawa mobil minibus maka akan di kenakan tarif kurang lebih Rp. 11.000 saja, sedangkan untuk bus sendiri di banderol dengan karcis Rp. 22.000.

Untuk akses jalan ke kawasan wisata Ciwidey Bandung Situ Patengan ini sangatlah mudah untuk di tempuh, Anda hanya mengikuti jalur ke arah Ciwidey saja karena letak Situ Patenggang berada dekat dengan jalan raya sehingga bagi Anda yang kurang begitu tahu akses jalan di daerah sana tetap akan menemukan letak Situ Patengan yang berada di sebelah kanan dari arah Bandung Kota.

  • Kawah Putih

Sama halnya dengan Situ Patengan, tempat wisata di Ciwidey yang satu ini juga terletak di Rancabali yang berjarak kurang lebih 44 km dari pusat Kota Bandung yakni Kawah Putih. Di samping kanan kiri kawah ini sangatlah indah dan menawan karena akan di sajikan berbagai panorama alam yang sangat indah. Air danau yang berwarna hijau di padukan dengan hutan lindung yang masih asri sangat terasa bagi siapa pun yang akan merelaksasi tubuh. Udara yang segar bahkan di bilang cukup dingin cocok untuk liburan di akhir pekan.

Kawah puti ciwidey

Sedikit sejarah yang bisa di petik mengenai keberadaan Kawah Putih. Pada zaman dahulu kala konon salah satu tempat wisata di Ciwidey ini merupakan tempat berkumpulnya para roh leluhur, cerita tersebut di perkuat di kawasan Kawah Putih ada petilasan makam para leluhur yang di antaranya adalah Eyang Rangga Sadana, Eyang Jaga Satru, Eyang Camat, Eyang Barabak, Eyang Ngabai, Eyang Baskom dan satu lagi Eyang jambrong. Jika di lihat dari petilasannya bahwa lokasinya berada di puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk yang di sana sering di jadikan tempat berkumpulnya para Eyang untuk merembukkan sesuatu dengan pimpinannya adalah Eyang yang bernama Eyang jaga Satru.

Konon masyarakat yang datang ke tempat wisata di Ciwidey ini sering melihat penampakan aneh salah satunya adalah sering melihat sosok gaib yaitu sekumpulan domba-domba yang memiliki bulu putih atau di sebut juga domba lukutan yang di percaya kuat oleh masyarakat sekitar adalah jelmaan dari para leluhur tersebut. Kembali membahas tempat wisata Kawah Putih, jika Anda yang berencana ingin pergi ke tempat wisata tersebut tidaklah susah untuk di temukan karena lokasi gerbang menuju ke sana terletak di pinggir jalan sebelah kanan jika datang dari arah Bandung Kota.

Untuk tiket masuknya tidaklah mahal seperti di kira orang kebanyakan, Anda hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk satu orang. Jika kebetulan Anda membawa kendaraan roda empat maka Anda akan di kenakan tarif tambahan untuk biaya parkir sebesar Rp. 15.000 per satu mobil. Jika di lihat dari tiket masuk dan biaya untuk parkir mobil rasanya tidaklah berlebihan jika tempat pariwisata Kawah Putih yang ada di daerah Ciwidey merupakan tempat wisata yang murah namun mengasyikkan. Oleh karena itu, jika saatnya musim libur tiba tempat ini tidak sepi di kunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Itulah beberapa tempat wisata di Ciwidey, sebetulnya masih banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi namun dua tempat wisata ini merupakan tempat yang paling populer di daerah Ciwidey!

Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Populer | Dina Qyu | 4.5