Tempat Wisata di Cianjur Yang Terbaik

Tempat wisata di Cianjur cukup banyak yang terkenal. Cianjur merupakan kabupaten di Jawa Barat yang topografi wilayahnya didominasi oleh pegunungan. Tak heran jika daerah ini cenderung berhawa dingin. Di sisi selatan Cianjur berbatasan langsung dengan Lautan Hindia, sehingga beberapa wilayahnya merupakan daerah pesisir dengan pantai yang masih bersih. Berikut beberapa obyek wisata di Cianjur terpopuler dan sering menjadi tujuan utama untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

  1. Pantai Jayanti

pantai jayanti

Pantai Jayanti adalah tempat wisata di Cianjur yang sangat indah. Letak pantai ini yaitu di Desa Cidamar, Cianjur Selatan, sekitar 4 jam dari pusat kota Cianjur. Pantai yang berdampingan dengan pelabuhan nelayan dan Cagar Alam Bojonglarang ini masih alami dan bersih, karena belum begitu banyak orang yang pergi berwisata ke sini. Di sepanjang pantai ini masih jarang ditinggali penduduk, sehingga keasrian alamnya masih terjaga. Pemandangan di pantai ini sangat indah, ditingkahi deburan ombak pantai selatan yang menyapu pantai. Sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, mengingat lokasi pantai Jayanti cukup jauh dari pusat kota.

  1. Taman Cibodas

taman cibodas

Taman Cibodas merupakan salah satu tempat wisata di Cianjur yang terkenal sampai manca negara karena keelokannya. Bahkan seorang ahli fisiologi tumbuhan dunia yang bernama Dr. F.W. Went sampai mengandaikan taman ini bagian dari surga yang turun ke bumi. Kebun Raya Cibodas memang menawarkan keindahan yang tak terbayangkan, yang bisa Anda temui di tempat ini. Tumbuhan hijau yang terhampar luas kemanapun mata memandang yang mendatangkan sensasi tak terkira. Kebun Raya Cibodas terletak di desa Rarahan, Cianjur, yang berjarak kurang lebih 86 km dari ibu kota Jakarta. Kebun seluas sekitar 125 ha ini adalah tempat yang sangat cocok bagi mereka yang ingin sejenak menyatu bersama alam. Di kebun indah ini Anda bisa melihat koleksi kebun ini yang mencapai sekitar 10.791 koleksi tanaman, 4.850 koleksi herbarium, dan 710 jenis biji-bijian.

  1. Istana Cipanas

istana cipanas

Istana Cipanas didirikan pada tahun 1740 di atas tanah seluas 25 ha. Istana Presiden ini terletak di kaki Gunung Gede, berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Cianjur. Meskipun istana tersebut saat ini tak terpakai lagi, namun istana ini masih terpelihara dan terawat dengan sangat baik. Salah satu tempat wisata di Cianjur yang terkenal ini menyuguhkan pemandangan indah di sekitar istana, seperti tanaman hias, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan sayur-sayuran yang tertata asri. Istana megah ini hanya dapat dikunjungi oleh masyarakat umum jika mendapatkan izin dari pejabat berwenang, yaitu Sekretaris Negara.

  1. Gunung Gede

gunung gede

Gunung Gede merupakan tempat wisata di Cianjur yang menjadi favorit anak muda. Karena gunung ini menjanjikan pengalaman berkesan bagi para pendaki dan mereka yang suka berpetualang. Gunung yang tingginya sekitar 3.000 m ini memang tak setinggi gunung-gunung lain di Indonesia, sehingga banyak pendaki pemula yang mengumpulkan keberanian mendaki dengan menaklukkan gunung ini. Selain itu tingkat kesulitan untuk mendaki gunung ini tidak terlalu tinggi, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mendaki.

  1. Curug Citambur

curug citambur

Curug Citambur merupakan salah satu tempat wisata di Cianjur yang masih virgin, belum banyak tersentuh tangan manusia. Terletak di desa Karang Jaya, Pagelaran, Cianjur, Curug ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata di Cianjur yang terkenal. Agar bisa mencapai lokasi ini Anda perlu menapaki jalan berbatu yang cukup menguras tenaga. Namun perjuangan Anda akan terbayar lunas saat Anda mencapai lokasi Curug. Sebuah panorama alam sangat eksotis, air terjun yang meluncur deras ke bebatuan dengan ketinggian sekitar 100 meter. Sesekali seleret pelangi muncul di sela-sela halimun yang akan membuat rasa lelah menguap begitu saja.

  1. Situs Gunung Padang Cianjur

situs gunung padang

Situs Gunung Padang merupakan saksi bisu kehidupan manusia Jawa jaman Megalitikum. Situs ini merupakan sebuah kompleks punden berundak yang terbesar di kawasan Asia, bahkan dikabarkan yang terbesar di dunia, dengan luas area mencapai 900 m². Situs Gunung Padang berada di ketinggian 885 mdpl. Situs Gunung Padang diperkirakan sudah berdiri sejak 4.700-10.900 SM. Situs ini jauh lebih tua jika dibandingkan dengan piramida Mesir (2.500 SM). Bahkan beberapa kalangan mempercayai bahwa Situs ini mempunyai keterkaitan dengan piramida Mesir karena ada kemiripan dalam bentuknya. Sejak tersebarnya hasil penelitian yang dilakukan pemerintah, situs ini menjadi tempat wisata di Cianjur yang sangat populer. Banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang penasaran dengan keberadaan situs ini.

Demikianlah informasi mengenai berbagai tempat wisata di Cianjur yang terbaik saat ini. Sebenarnya Cianjur masih menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dijelajahi, seperti danau wisata Jangari, danau Leuwi Soro, Kota Bunga Cipanas, Taman Prawatasari, sentra kerajinan keramik Cianjur, dan lain sebagainya. Berbagai obyek wisata menarik di Cianjur tersebut bisa menjadi alternatif tempat wisata bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Cianjur. Selamat mencoba.

Tempat Wisata di Cianjur Yang Terbaik | Dina Qyu | 4.5