Tempat Wisata di Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Bangka Belitung kini memang sudah menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang populer dengan destinasi wisata nan menawan. Setelah merebaknya novel dan film Laskar Pelangi yang banyak berisikan keterangan mengenai keindahan alam Belitung, tempat-tempat tertentu yang dulu dinilai sebagai wisata lokal mulai bergeser dan diakui menjadi destinasi nasional. Tidak dipungkiri, keindahan tempat wisata di Belitung berhubungan erat dengan potensi wisata baharinya nan memikat hati. Belitung terletak di bawah provinsi yang terdiri dari dua nama kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, merupakan daerah pesisir yang kaya akan pantai berbatu granit juga bertanah landai yang masih ‘hijau’ membiru.

Bangka Belitung (Babel) merupakan kawasan kepulauan di Indonesia yang terdiri dari 470 buah pulau, namun hanya sekitar 50 pulau saja yang telah dihuni. Dengan lahan yang masih lega, potensi tempat wisata di Belitung mampu menyuguhkan pengalaman wisata bahari yang berkesan, mulai dari berjemur santai, snorkeling, memancing, hingga berlayar. Di Belitung juga banyak bertebaran kelenteng-kelenteng klasik yang sangat cantik karena banyak pula penduduk provinsi ini yang berasal dari etnis Cina. Nah, apa sajakah destinasi wisata di Belitung yang sangat direkomendasikan? Berikut daftarnya untuk Anda.

3 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Keren di Belitung

Tempat wisata di Belitung memang banyak sekali, karena bawaan alamnya yang sangat indah. Namun kali ini akan kami rangkumkan 3 obyek wisata terpopuler di Bangka Belitung yang bisa menarik hati siapapun yang melihatnya. Benarkah itu? Manjakan mata Anda dengan 7 destinasi wisata alam Belitung di bawah ini:

  1. Pantai Tenggiri di Babel

Pantai tenggiri

Tempat pertama mari kita berkunjung ke pantai Tenggiri terlebih dahulu. Terletak sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Babel, kota Pangkalpinang, Pantai Parai Tenggiri disebut sebagai pantai paling indah. Pantai ini memiliki panorama ombak nan lembut dan Indah. Anda bisa berjalan-jalan santai menyusuri keindahan pantai Tenggiri sambil menikmati angin sepoi dan hamparan batu granit yang khas. Ya, pantai-pantai di Bangka Belitung memang dihiasi dengan batuan granit yang menghampar secara alami di sisi-sisinya. Menarik, bukan?

Satu hal lagi yang tidak bisa Anda temukan di tempat wisata lain kecuali tempat wisata di Belitung satu ini; yakni tiket yang bisa Anda tukarkan dengan makanan. Ya, meskipun untuk masuk dan berkunjung ke pantai Tenggiri Anda harus merogoh kocek tiket cukup mahal yakni 25.000 rupiah. Namun Anda bisa menukarkan kembali tiket ini dengan makanan yang Anda beli di restoran dalam wilayah pantai. Jadi bukan hanya nuansa santai yang didapat, namun juga perut kenyang. Strategi yang cukup menarik, ya! Tempat wisata bahari Belitung yang bernama pantai Tenggiri ini terletak di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung.

  1. Pulau Memperak di Belitung

pulau memperak

Dari pantai Tenggiri, mari kita beranjak ke pulau Memperak di Belitung. Pulau Memperak merupakan obyek wisata yang tersimpan di sudut Belitung dan belum diketahui oleh banyak wisatawan. Saat menjejakkan kaki di sana, Anda pasti akan terkesan dengan pesonanya yang memikat. Letak pulau Memperak ini ada di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Pulau Memperak termasuk pulau yang masih sepi dan tampaknya hanya dikhususkan untuk menjadi obyek wisata. Tempat wisata di Belitung ini hanya dihuni oleh penjaga pulau saja. Jadi, ketika Anda berkunjung, usahakan untuk menyediakan perbekalan sebelumnya. Selain pemandangan alam yang masih hijau, pulau kecil ini tentu saja dihiasi dengan garis pantai yang memukau. Namun kegiatan wisata unggulan di Memperak adalah snorkeling. Spot snorkel yang paling terkenal adalah bagian barat, timur, dan utara pulau Memperak. Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut yang masih terjaga hidup di perairan Memperak.

  1. Pulau Lengkuas di Belitung

Pulau lengkuas

Pulau Lengkuas merupakan satu tempat wisata di Belitung yang menyuguhkan kesan akrab pada sejarah. Pasalnya, di pula ini terdapat sebuah mercusuar tua peninggalan Belanda yang masih beroperasi sampai sekarang. Konon mercusuar ini di bangun pada tahun 1882 Masehi. Selain itu, tentu saja pulau lengkuas memiliki garis pantai dengan hamparan laut membiru yang jernih. Anda bisa menikmati perjalanan di garis pantai berbatu alam granit yang genit, ataupun menyusuri warisan sejarah di mercusuar klasik yang menawan.

Pulau Lengkuas terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Luas wilayah tempat wisata di Belitung ini hanya berkisar seluas 1 hektar saja. Meski tidak terlalu besar, namun memandangi panorama alam di Belitung dari puncak atau jendela mercusuar tentu saja sangat memikat hati. Menikmati udara laut yang biru jernih dari puncak mercusuar tua adalah dua kombinasi yang pas untuk merelaksasi kelelahan dari hiruk pikuk kesibukan sehari-hari.

Meskipun tidak lengkap, namun itulah 3 titik wisata di Belitung yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Menyusuri tempat wisata di Belitung yang tiada habisnya tentu saja akan memberi kesan tersendiri di hati Anda. Selain 3 rekomendasi ini, Anda juga akan menemui puluhan spot wisata lain yang mungkin menarik hati Anda sepanjang perjalanan. Selamat berwisata!

Tempat Wisata di Belitung Yang Wajib Dikunjungi | Dina Qyu | 4.5