Tempat Wisata di Batu Yang Menakjubkan

Mendengar nama kota Batu pasti yang paling cepat terlintas dipikiran adalah apel. Namun tempat wisata di Batu juga tidak kalah tenarnya. Batu merupakan sebuah kota kecil di Malang namun kepopulerannya tidak kalah dengan kota besar. Bagaimana mungkin Batu tidak terkenal jika kota ini adalah saksi bisu perjalanan masa kecil diva pop Indonesia, Krisdayanti dan saudaranya Yuni Sara. Selain itu kota ini juga semakin dikenal seiring munculnya novel dan film “9 Summer 10 Autumn” yang menceritakan perjalanan seorang anak desa di Batu, Malang yang berhasil sukses menjadi direktur utama di sebuah perusahaan besar di Amerika. Kepopuleran kota Batu memang nyata, bukan hanya dikenal karena hal-hal tersebut. Keunikan kota ini dengan segala keajaiban alamnya membuatnya memiliki daya tarik luar biasa.

Batu adalah kota keajaiban dan anugerah bagi Jawa Timur karena banyak sekali tempat wisata di Batu yang menjadi ikon Jawa Timur sehingga provinsi ini bisa dibilang cepat berkembang dalam hal infrastruktur dan pariwisata. Bagi Anda yang gemar berwisata di tempat sejuk, maka Batu adalah pilihan terbaik. Tidak perlu jauh-jauh menyeberang ke seberang pulau karena di Batu semua ada. Selain itu, apel khas Malang pun menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan sebelum pulang ke rumah. Berbagai kuliner khas kota Batu pun wajib Anda cicipi sebelum beranjak pergi seperti ketan hitam yang terkenal dan terletak di sekitar alun-alun kota Batu, keripik buah, susu sapi murni dan bakso Malang asli serta masih banyak lagi.

Adapun beberapa tempat wisata di Batu yang wajib Anda kunjungi antara lain:

  1. Jatim Park

Jatim Park

Jatim Park adalah singkatan dari Jawa Timur Park. Wahana ini merupakan sarana rekreasi unggulan untuk berwisata sekaligus belajar. Inilah ikon utama Jawa Timur karena kalau menyebut Jatim Park pasti Anda tahu wisata ini berada di Jawa timur. Luar bias sekali, wahana ini dilengkapi dengan 56 wahana permainan seperti spinning coaster, 3D ghost inter, dan lain-lain. Tempat wisata di Batu yang satu ini juga terdapat miniature beragam candi di Indonesia. Pariwisata berskala nasional ini memang sudah teruji dengan bukti sebagai juara pertama dalam kategori wisata buatan berskala nasional oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Biaya tiket masuk 55 ribu per orang untuk hari biasa dan 75 ribu untuk hari libur serta akhir pecan.

  1. Jatim park 2 (secret zoo, hotel Pohon Inn dan museum satwa)

Jatim park 2

Tempat wisata di Batu memang unik, ada JaTim Park 1 dan 2. Ini hanya perbedaan lokasi dan isi. Jatim Park 1 lebih cenderung sebagai wahana rekreasi sedangkan Jatim Park 2 berisi Secret Zoo, Hotel Pohon Inn dan Museum Satwa. Museum satwa adalah museum yang berisi satwa-satwa yang sudah diawetkan dan fosil binatang purba yang berhasil didatangkan dari berbagai penjuru dunia sehingga koleksi satwanya lengkap. Berlanjut dari museum satwa, beralihlah pada Secret Zoo, berisi satwa-satwa asli. Konsep kebun binatang ini sungguh modern dimana satwa-satwa yang bisa Anda lihat adalah satwa dari berbagai belahan dunia dan keunikan lainnya yaitu terlihat dari kandang hewan yang dibuat menyerupai habitat asli binatang. Tema yang dihadirkan oleh Secret Zoo juga berbeda-beda antara lain Savana, Kampong Afrika, Fantasy Land dan lain-lain. Kebun binatang ini pernah meraih penghargaan sebagai best winner traveler choice 2014. Biaya tiket masuk pada akhir pecan 70 ribu dan untuk hari libur 100 ribu.

  1. Museum Angkut

Museum Angkut

Tempat wisata di Batu selanjutnya adalah mesum angkut. Jelas terlihat dari nama museum tersebut, museum ini adalah tempat menyimpan berbagai jenis transportasi dari seluruh dunia, baik alat transportasi kuno ataupun modern. Anda bisa melihat dan belajar tentang perkembangan teknologi transportasi darat, laut, dan udara dari masa ke masa dari berbagai penjuru dunia sehingga wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Keunikan tempat wisata di Batu Jawa Timur ini bukan hanya terlihat dari koleksinya tapi juga atmosfer yang dibawa menyerupai keadaan di luar negeri sana.

  1. Eco green park

Eco green park

Eco Green Park dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Biaya tiket masuk tempat wisata di Batu yang satu ini lebih murah dibandingkan Jatim Park dan Museum Angkut, karena hanya dibandrol 40 ribu di hari biasa dan 60 ribu untuk akhir pekan. Tempat wisata ini merupakan objek wisata keluarga yang dibagi menjadi 10 zona menarik. Satu zona yang baru adalah zona memerah susu sapi, dimana Anda bisa belajar dengan menonton demonstrasi memerah susu sapi. Sapi yang didatangkan pun langsung dari Australia.

  1. BNS (Batu Night Spectacular)

BNS (Batu Night Spectacular)

Batu Night Spectacular merupakan wisata dibangun untuk mendukung kota Batu sebagai “all day city holiday yang berarti pagi sampai malam hari Anda bisa menikmati wisata di kota Batu. Tempat wisata alam di Batu ini mulai beroperasi pukul 03.00 hingga pukul 00.00 untuk anak-anak dan dewasa. Disana Anda akan menemukan banyak wahana seperti Sepeda Udara, Cinema 4D, Kids Zone dan lain-lain. Satu tepat yang sangat menarik dan sangat indah untuk dijadikan spot berfoto adalah taman lampion dan merupakan ikon BNS. Harga tiket masuk hari-hari bias 20 ribu per orang dan 30 ribu untuk akhir pekan. Selanjutnya masih ada tiket tambahan sebesar 90 ribu jika Anda ingin menaiki wahana permainan sepuas mungkin.

Wisata di kota Batu, Malang memang begitu menarik dan cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga. Anda pasti tertarik, yuk berkunjung ke Batu. Demikian ulasan mengenai tempat wisata di Batu, semoga bermanfaat untuk menambah referensi wisata Anda.

Tempat Wisata di Batu Yang Menakjubkan | Dina Qyu | 4.5