Teluk Hijau, Sekeping Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Selain Pantai Plengkung, salah satu destinasi wisata pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Banyuwangi adalah Teluk Hijau. Meskipun tidak seterkenal beberapa objek wisata di Banyuwangi lainnya, akan tetapi destinasi wisata pantai yang satu ini juga terbilang sangat layak untuk Anda kunjungi.

Seperti nama yang tersemat, teluk ini didominasi oleh warna hijau. Hal ini tentunya sedikit berbeda dengan kebanyakan air di pantai lainnya yang cenderung memiliki warna air biru. Warna hijau di teluk ini disebabkan oleh berbagai macam alga yang tumbuh di dasar pantai ini. Air di pinggiran teluk yang terbilang cukup dangkal membuatnya menjadi tampak kehijauan.

Meskipun memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, akan tetapi karena akses lokasi yang terbilang cukup sulit untuk ditempuh membuat teluk ini sedikit sepi pengunjung. Tidak hanya itu, teluk ini juga sangat minim fasilitas.

Dibalik minimnya pengunjung di Teluk Hijau ini, ada sedikit keuntungan yang bisa didapatkan. Karena tidak terlalu ramai dan minim fasilitas, daerah sekitar lokasi teluk masih sangat asri dan belum tercemar sama sekali. Tidak ada sampah-sampah bekas makanan yang berserakan di lokasi teluk ini. Hal ini tentunya menjadi sebuah kelebihan dan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

teluk-hijau-banyuwangi

Lokasi Teluk Hijau

Letak lokasi Teluk Hijau ada di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sarongan, yaitu bagian selatan dari daerah Pesanggrahan. Teluk Hijau ini sendiri masih merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri.

Untuk bisa sampai di lokasi Teluk Hijau, Anda dapat menggunakan dua macam jalur transportasi yaitu melalui darat dan melalui transportasi laut.

Untuk bisa menikmati keindahan teluk ini melalui jalur darat, dibutuhkan pengorbanan yang cukup berat. Untuk bisa sampai ke lokasi teluk ini, Anda harus melalui jalan setapak yang cukup curam dan dipenuhi dengan batu. Tidak hanya itu, Anda juga harus melewati hutan dan juga aliran sungai kecil yang cukup menantang. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai di lokasi teluk ini adalah sekitar 1 jam.

Jika Anda ingin yang lebih mudah dan cepat, Anda dapat menggunakan jalur transportasi laut. Dengan transportasi laut, Anda dapat mencapai lokasi teluk ini hanya dalam waktu tidak lebih dari 20 menit. Meskipun begitu, bagi Anda yang tidak memiliki nyali yang besar, sebaiknya tidak memilih jalur yang satu ini. Hal ini dikarenakan ombak laut yang harus dilalui terbilang cukup besar. Tidak hanya itu, kapal yang biasa digunakan juga berukuran kecil dan juga tidak dilengkapi dengan peralatan keamanan.

Meskipun terbilang cukup menantang Adrenalin, biasanya para wisatawan yang mengunjungi teluk ini baik dari jalur darat maupun laut akan pulang dari teluk ini menggunakan jasa transportasi laut. Hal ini dikarenakan jarak yang harus ditempuh untuk kembali dari jalur darat terbilang cukup jauh dan menguras tenaga.

Bagi Anda yang berniat menggunakan jalur laut, Anda perlu menyediakan biaya transportasi sebesar 25 ribu rupiah untuk satu kali jalan, ataupun 35 ribu rupiah untuk dua kali jalan pulang pergi.

Akomodasi dan Fasilitas

Karena merupakan salah satu lokasi terpencil, di daerah Teluk Hijau tidak terdapat akomodasi ataupun fasilitas penginapan sama sekali. Untuk itu, bagi Anda yang berasal dari luar daerah Banyuwangi, Anda sebaiknya mencari penginapan di sekitar daerah Pesanggrahan. Di daerah ini, Anda dapat menemui berbagai macam fasilitas penginapan seperti hotel dan juga home stay.

Teluk Hijau, Sekeping Surga Tersembunyi di Banyuwangi | Zikra | 4.5