Taman Nasional Kerinci Seblat, Pusat Primata Langka di Jambi

Taman Nasional Kerinci Seblat – Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Sangking luasnya, Taman Nasional yang satu ini terbentang di empat provinsi besar yang ada di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.

Dibandingkan dengan taman nasional lainnya yang ada di Indonesia, Taman Nasional ini memiliki koleksi satwa-satwa endemik langka lebih banyak dari yang lainnya. Di taman nasional ini, Anda akan disugukan keindahan hutan hujan trofis Indonesia disertai dengan berbagai macam satwa liar yang sudah hampir punah.

Taman-Nasional-Kerinci-Seblat

Taman nasional ini sendiri kabarnya merupakan penyatuan dari beberapa cagar alam yang ada di Pulau Sumatera yaitu cagar alam Inderapura dan Bukit tapan, Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan, Bukit Kayu embun, dan Gendang Seblat. Maka dari itu, wajar saja jika di taman nasional ini Anda dapat menemukan hampir seluruh satwa endemik dari Pulau Sumatera.

Lokasi

Seperti yang telah diterangkan di atas, taman ini merupakan taman nasional yang dimiliki oleh empat provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Taman nasional ini mencakup sekitar 9 kabupaten, 43 buah kecamatan, serta lebih dari 130 desa dari empat provinsi besar di Pulau Sumatera.

Kawasan-Taman-Nasional-Kerinci-Seblat

Letak keberadaan taman ini di empat provinsi, membuatnya menjadi cukup strategis untuk dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun secara tertulis pulau ini didominasi kepemilikannya oleh Sumatera Barat, akan tetapi wisatawan dari keempat provinsi yang menjangkau taman nasional ini dapat mengunjunginya dengan mudah.

Akses Masuk

Ada banyak alternatif yang dapat digunakan untuk bisa berada di Taman Nasional Kerinci Seblat ini. Tercatat ada sekitar 10 alternatif akses masuk yang dapat digunakan untuk bisa berada di Taman Nasional ini.

3 alternatif akses masuk yang terbilang cukup mudah dan paling banyak digunakan oleh para wisatawan yaitu :

  1. Akses yang paling banyak digunakan dan juga paling mudah adalah lewat daerah Sumatera Barat yaitu dari Solok Selatan. Dari daerah ini Anda dapat memanfaatkan beberapa jasa pengangkutan dengan tarif sekitar 40.000 sampai 50.000 rupiah sekali perjalannanya.
  2. Akses masuk yang kedua adalah lewat daerah Muara Aman yang ada di Provinsi Bengkulu. Melalui pintu masuk ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 Jam dengan memanfaatkan kendaraan bermotor.
  3. Akses termudah yang ketiga adalah melalui Provinsi Sumatera Barat yaitu dari daerah Kresik Tuo. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh lokasi taman nasional ini adalah sekitar 5 – 7 jam, tergantung dengan kondisi cuaca.

Akomodasi

Ada beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan untuk bisa menginap di lokasi Taman Nasional Kerinci Seblat ini. Alternatif yang pertama, Anda dapat menginap di tengah hutan dengan mengandalkan tenda perkemahan. Alternatif yang pertama ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualangan dan juga untuk Anda yang ingin menghemat biaya.

Alternatif yang kedua adalah dengan memanfaatkan penginapan milik taman nasional yang ada di perbatasan Desa Limau Gadang dengan Taman Nasional ini. Di lokasi ini, Anda juga bisa menemukan beberapa toko yang menjajakan makanan sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyediakan pasokan kebutuhan makanan Anda.

Alternatif yang ketiga adalah dengan menyewa kamar hotel yang ada di sekitaran Kota Sungai Penuh di pusat Kabupaten Kerinci. Di kota ini, ada banyak penginapan yang tersedia dengan tarif yang terbilang cukup murah.

Taman Nasional Kerinci Seblat, Pusat Primata Langka di Jambi | Zikra | 4.5