Pulau Tikus, Surga Kecil Di Provinsi Bengkulu

Pulau Tikus merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang cukup populer di Kota Bengkulu. Pulau ini merupakan pulau berukuran kecil (sekitar lebih kurang 2 ha) yang didominasi oleh karang laut. Di pulau ini, Anda akan disajikan dengan keindahan karang dan berbagai macam sumber daya hayati yang sangat mengagumkan.

Meskipun terbilang sangat kecil, di pulau ini Anda dapat melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat bermain pasir yang ada di tepian pantai ataupun berenang di pinggiran pantai. Ombak di pantai ini tergolong cukup aman untuk digunakan bermain dan berenang. Hal ini dikarenakan, sebagian daerah pantai di pulau ini merupakan ceruk pantai yang dikelilingi oleh karang sehingga ombaknya sudah tidak terlalu tinggi.

Bagi Anda yang hobi dengan kegiatan snorkeling, Anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut di sekitaran pulau ini. Di pinggiran perairan pulau ini, Anda akan disajikan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona.

Selain kegiatan di atas, di salah satu tempat wisata di Bengkulu ini, Anda juga bisa melakukan kegiatan memancing dengan memanfaatkan kapal nelayan. Ada banyak sekali jenis ikan yang hidup di perairan sekitar pulau ini yang diperbolehkan untuk dipancing dan dikonsumsi oleh para wisatawan.

pulau-tikus-bengkulu

Jika Anda sedang beruntung, di pulau ini, Anda juga bisa menikmati sajian fenomena penyu yang sedang bertelur. Pulau ini memang merupakan salah satu lokasi yang dijadikan sebagai tempat bertelur penyu sisik dan penyu hijau. Meskipun Anda diperbolehkan untuk menikmati fenomena alam ini, Anda tidak diperbolehkan mengganggu penyu yang sedang bertelur ataupun merusak telur penyu tersebut.

Lokasi Pulau Tikus

Pulau Tikus terletak di sebelah barat Kota Bengkulu. Jarak pulau ini dari pusat Kota Bengkulu adalah sekitar 10 km.

Untuk bisa mengunjungi pulau ini, Anda dapat menggunakan banyak fasilitas yang ada di daerah pantai bagian Barat Kota Bengkulu. Anda dapat menggunakan beberapa fasilitas transportasi seperti speed boat ataupun kapal nelayan. Ada dua akses yang dapat digunakan untuk menuju ke Pantai Tikus ini.

Akses yang pertama adalah melalui pinggiran Pantai Pulau Baai. Dari Pulau ini anda dapat menggunakan fasilitas speed boat yang banyak disewakan oleh masyarakat sekitar. Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa speed boat dapat mencapai jutaan rupiah tergantung dari ukuran speed boat dan juga lama penyewaan yang Anda lakukan.

Jika Anda ingin transportasi yang lebih ekonomis, Anda dapat memanfaatkan jasa para nelayan. Ada banyak nelayan di sekitar Pantai Tapak Padri yang menyediakan jasa transportasi menunju pulau tikus dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan speed boat.

Waktu yang dibutuhkan untuk bisa berada di tempat wisata ini adalah sekitar 1 jam dari Pantai Tapak Padri (menggunakan kapal nelayan) dan sekitar 45 menit dari Pelabuhan Pulau Baai (menggunakan speed boat).

Di pulau ini, Anda tidak akan menemui akomodasi penginapan sama sekali. Luas pulau yang terlalu kecil dan juga jaraknya yang terbilang cukup jauh dari Kota Bengkulu membuat para penduduk di Bengkulu enggan mendirikan bangunan di pulau ini.

Jika Anda memang membutuhkan akomodasi penginapan, Anda sebaiknya mencarinya di Kota Bengkulu. Ada banyak pilihan penginapan yang tersedia di Kota ini. Dari mulai hotel mewah hingga wisma berharga murah, semuanya tersedia. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Pulau Tikus, Surga Kecil Di Provinsi Bengkulu | Zikra | 4.5