Pantai Plengkung, Surganya Para Pecinta Olahraga Selancar

Pantai Plengkung – Pantai Plengkung merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menawarkan sesuatu yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Pantai yang terletak di Banyuwangi ini merupakan pantai yang sangat terkenal karena ombaknya yang luar biasa. Pantai ini bahkan merupakan satu-satu nya pantai di Indonesia yang memiliki ombak setinggi lebih dari 5 meter. Di seluruh penjuru Dunia sendiri, ombak setinggi Pantai Plengkung ini hanya bisa ditemui di beberapa bagian saja seperti salah satunya di daerah Florida.

Bagi para pecinta olah raga selancar, tempat wisata di Banyuwangi ini merupakan tempat yang paling cocok untuk dikunjungi. Di pantai ini, Anda dapat menikmati gulungan ombak raksasa yang sangat menantang adrenalin.

Ombak raksasa di Pantai Plengkung ini biasanya dapat ditemui di sekitaran bulan April hingga Bulan Agustus. Nah, bagi Anda yang memang berniat untuk menantang ombak di pantai ini, Anda dapat berkunjung ke pantai ini di sekitaran bulan tersebut.

Pantai-Plengkung-Banyuwangi

Kegiatan Menarik di Pantai Plengkung

Selain berselancar, di pantai ini anda dapat melakukan berbagai macam aktifitas kegiatan pantai yang menarik. Bermain pasir, berjemur, ataupun bermain voley pantai, semuanya dapat Anda lakukan dengan bebas di sepanjang pantai ini.

Selain kegiatan di atas, Anda juga bisa menikmati tontonan gratis berupa para peselancar yang sedang berselancar di gulungan ombak pantai ini. Di pantai ini, ada sebuah bangunan rumah panggung khusus yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin menikmati tontonan berupa para peselancar. Bagi Anda yang ingin menonton kegiatan berselancar dengan jelas, Anda kami sarankan untuk membawa teropong pandang.

Lokasi

Letak lokasi Pantai Plengkung ada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di daerah Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi.

Akses Masuk

Untuk bisa berada di lokasi Pantai Plengkung, Anda dapat menggunakan akses transportasi darat maupun transportasi laut. Jika Anda menggunakan transportasi darat, Anda akan melalui rute dari Banyuwangi – Kalipahit – Pasar Anyar – dan di akhiri di Pos Pancur. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi pantai menggunakan jalur darat adalah sekitar 2 jam. Perlu Anda ketahui, jika Anda melalui rute darat, Anda diharuskan untuk berjalan kaki dari Pos Pancur hingga ke lokasi pantai.

Untuk rute laut ataupun rute campuran, Anda akan melalui rute Banyuwangi mengarah ke Benculuk dan berakhir di Grajagan. Dari daerah Grajagan, Anda dapat menggunakan fasilitas speed boat sewaan langsung menuju ke Pantai Plengkung Banyuwangi. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Plengkung dengan rute ini adalah sekitar 1,5 jam, lebih cepat 0,5 jam dibandingkan rute darat. Meskipun cenderung lebih cepat dan juga lebih mudah, biaya yang dibutuhkan untuk menempu perjalanan dengan rute darat laut ini terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk rute darat.

Akomodasi dan Fasilitas

Untuk masalah akomodasi penginapan, di lokasi Pantai Plengkung tidak ada hotel yang dapat digunakan untuk menginap. Sebagai gantinya, Anda dapat memanfaatkan sejumlah ‘surf camp’ yang ada di sekitar pantai. Meskipun bukan hotel, akan tetapi standar ‘surf camp’ di pantai ini telah mengikuti standar internasional.

Beberapa ‘surf camp’ yang tergolong cukup populer di sekitar Pantai Plengkung yaitu Joyo Surf Camp. G – Land Surf & Resort, dan Bobby’s surf camp. Keseluruhan ‘surf camp’ yang ada di sekitaran pantai ini mengusung konsep ‘back to nature’ sehingga suasa di ‘surf camp’ ini terbilang sangat alamiah dan tradisional.

Pantai Plengkung, Surganya Para Pecinta Olahraga Selancar | Zikra | 4.5