Menapak Tempat Wisata di Medan Yang Penuh Legenda

Tahukah Anda bahwa kota Medan adalah kota metropolis nomor tiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya? Namun meski begitu, Medan terkenal memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa melengkapi ekspektasi Anda akan tempat-tempat indah yang bisa memberi kesan mendalam. Namun jangan Anda kecewa dulu jika yang Anda cari adalah tempat wisata alam, karena siapa yang tak kenal dengan sebuah danau legendaris tempat wisata di Medan yang bernama Danau Toba? Danau ini merupakan danau wisata terbesar di Indonesia, dan juga memiliki legenda yang sangat populer menemani masa kecil anak-anak kita.

Mari kita berjalan-jalan bersama menyusuri indahnya tempat wisata di Medan. Berikut daftar tempat wisata recommended di Medan yang bisa Anda coba kunjungi:

  1. Danau Toba

Siapa tak kenal dengan Danau Toba? Danau vulkanik terbesar di dunia ini merupakan danau kebanggaan yang menjadi obyek wisata di Sumatera Utara. Jika Anda berkunjung di daerah wisata Medan, maka akan rugi kiranya jika Anda tidak sekalian berbelok mampir di Danau Toba. Mitosnya danau ini terbentuk karena seorang suami yang mengingkari janji sang istri hingga kembali menyebutnya sebagai ikan emas, namun menurut penelitian danau ini adalah danau yang terbentuk karena letusan vulkanik gunung Toba sekitar 70 ribu tahun yang lalu. Kabarnya letusan yang mengakibatkan sebuah kawah nan besar dan menjadi danau paling besar di Asia Tenggara ini dulu sempat mempengaruhi iklim di dunia dan memusnahkan spesies-spesies purba didaerah Sumatera.

Nah, menikmati sejuknya udara dan dingin percikan air di Danau Toba tentu saja akan menguarkan santainya wisata alam Medan dan ketakjuban tiada henti akan luasnya Danau Toba sendiri. Jika Anda memiliki waktu luang sedikit panjang, cobalah untuk menginap di pulau tengah Danau Toba yang bernama pulau Samosir. Di pulau kecil ini Anda bisa bersepeda santai menikmati keindahan alam di Toba dan mengisi persediaan paru-paru dengan oksigen yang segar. Di dekat pulau Samosir juga ada pulau-pulau kecil lain yang bisa Anda kunjungi.

  1. Masjid Raya Al Mashun

Dari pelosok, mari kembali ke jantung kota Medan dan berkunjung di masjid Raya Al-Mashun. Masjid raya yang juga dikenal sebagai masjid raya Medan ini adalah sebuah masjid bersejarah yang telah berusia lebih dari seratus tahun. Ya, pasalnya masjid ini dibangun pada tahun 1906 tanggal 21 Agustus. Bukan hanya usianya yang menarik, tempat wisata di Medan yang berupa masjid ini merupakan masjid khas bukti betapa akulturasi budaya dari berbagai belahan dunia pernah diterima juga terwarna dalam bentuk arsitektur masjid. Bangunan masjid raya al-Mashun sangat menakjubkan dengan campuran arsitektur Maroko, Eropa, Melayu, dan Timur Tengah.

Menatap kemegahan al-Mashun seakan kembali mengingatkan pada kita bahwa Islam bukanlah agama kaku yang anti terhadap budaya lain. Masjid tempat wisata di Medan yang juga mengadopsi gaya kubah lengkungan masjid-masjid di Turki ini terletak Jl. Sisingamaraja No. 718, pusat kota Medan. Mampirlah sejenak untuk beribadah juga mengagumi keindahan budaya warisan Islam klasik jika Anda sedang berada di kota Medan dan melewati masjid satu ini.

  1. Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Bukan hanya tempat ibadah Islam masa lalu yang terawatt di kota Medan, Anda juga akan menemukan sebuah katedral besar yang keindahannya tak kalah dari masjid al-Mashun. Ada sebuah tempat wisata di Medan yang bernama Graha Santa Maria Annai Velangkanni dan merupakan tempat yang dibangun untuk mengenang Bunda Maria. Keunikan yang tidak akan Anda temui di tempat lain adalah, tempat ibadah untuk umat Katolik Tamil satu ini dibangun dengan desain menyerupai kuil Hindu. Bangunan gereja Santa Maria Annai Velangkani berupa bangunan ibadah menyerupai kuil nan megah, yang saking takjubnya banyak wisatawan memanfaatkan momen untuk berfoto di tempat ini.

  1. Tip Top Restaurant

Mari kita mampir pula sejenak melepas rasa lapar yang menggayut dengan berkunjung ke Tip Top Restaurant. Tempat makan yang menjadi tempat wisata di Medan ini juga merupakan ikon restoran klasik di Medan yang sudah dibangun sejak tahun 1929. Anda bisa merasakan sensasi menikmati sajian ala Café Eropa klasik dengan menu utama bistik daging yang terkenal belum ada tandingannya di kawasan Medan. Selain itu, ada juga bermacam desert yang diolah dengan oven batu yang tentu menguarkan aroma lezat tersendiri.

Setelah kenyang bertandang di restoran Tip Top, Anda bisa mampir juga ke Tjong A Fie Mansion. Tempat ini adalah sebuah tempat wisata di Medan yang memberikan Anda panorama mansion zaman Belanda yang masih terawatt sampai sekarang. Alih-alih akan terjerami nuansa horror, Anda justru bisa terpesona melihat keindahan arsitektur Tjong A Fie Mansion yang megah dan menakjubkan.

Berjalan-jalan menyusuri obyek wisata Medan akan membawa Anda bersitatap dengan banyak sekali landmark bersejarah. Ya, tempat wisata di Medan memang didominasi oleh bangunan-bangunan bersejarah yang sampai sekarang masih terawat dan bisa dikunjungi oleh siapa saja. Tidak banyak daerah lain yang memiliki kepedulian tinggi pada bukti sejarah seperti di Medan.

Menapak Tempat Wisata di Medan Yang Penuh Legenda | Dina Qyu | 4.5