Mari Berkunjung di Sudut-Sudut Tempat Wisata di Solo

Plesir di Solo, dan berjalan santai di jalanannya akan mengingatkan kembali pada kita kuatnya nuansa budaya jawa klasik yang memikat. Ya, Solo memang sebuah tempat di Jawa yang menjadi pusat pemerintahan Mataram Islam. Kini kerajaan Mataram Islam memang sudah tak lagi eksis bahkan terpisah dalam dua kelompok, Kasultanan Ngayogyakarta dengan pimpinan Hamengkubuwono dan Kasultanan Solo atau Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono. Meski begitu, nuansa kerajaan Jawa klasik nan ramah tetap masih terasa lekat melingkungi udara di langit Solo sampai kini. Jadi, sebenarnya tempat wisata di Solo adalah semua sudut di kota Solo itu sendiri.

Namun untuk Anda yang ingin menikmati sudut-sudut wisata di kota Solo yang bisa dikatakan lebih ramai dan lebih enak ‘ditongkrongi’ dari yang lain, berikut daftar destinasi tempat wisata di Solo yang bisa Anda jadikan rujukan:

  1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Bisa dibilang cikal bakal kota Surakarta dimulai dari munculnya keratin Kasunanan Surakarta yang bangunannya masih kokoh berdiri sampai kini. Keraton Surakarta ini didirikan pertama kali oleh sultan Pakubuwono II pada tahun 1744 M. Selain keraton Solo sendiri, Anda juga bisa mengunjungi sebuah panggung klasik simbol keraton Surakarta yang bernama Panggung Sanggabuwana. Sisi menarik panggung Sanggabuana adalah mitos yang melekat pada tempat ini. Konon tempat wisata di Solo yang bernama panggung Sanggabuwana adalah tempat bersemayam Susuhunan Surakarta bersemedi dan berjumpa sua dengan Nyai Rara Kidul, penguasa alam mistik pantai selatan itu yang sangat berpengaruh dalam sejarah Jawa.

Untuk bisa masuk dan berkeliling kawasan keraton Surakarta yang menjadi ikon sejarah kota Solo ini Anda tidak bisa mengenakan sembarang pakaian. Pakaian-pakaian mini dan pendek dilarang dikenakan di sana, namun Anda juga bisa menyewa bawahan dan selendang ketika harus berganti busana. Harga tiket untuk bisa masuk ke keratin Surakarta adalah 4 ribu rupiah per orangnya, dan apabila Anda membawa perlengkapan memotret seperti kamera dan video camcorder, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar dua ribu rupiah. Jadwal buka berkunjung di keraton Surakarta adalah pukul 08.30 sampai 14.00 dari hari Senin sampai Kamis. Hari Jum’at kawasan keraton ditutup, dan hari minggu hanya dibuka setengah hari mulai dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 13.00 WIB saja.

  1. Ngarsopuran Solo

Dari keraton, mari kita beralih ke Ngarsopuran. Kawasan Ngarsopuran merupakan sebuah daerah pedestrian yang ditata secara artistik dengan sengaja agar bisa menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi masyarakat dan khususnya kawula muda Solo. Setelah penat berkeliling kota Solo seharian, duduk-duduk santai di pinggir jalan Ngarsopuro merupakan obat yang mujarab untuk mengembalikan tenaga. Momen paling menyenangkan untuk menikmati nuansa jalan Ngarsopuro adalah di sore menjelang malam hari. Jika Anda beruntung untuk mengunjungi tempat wisata di Solo pada malam hari, sangat disarankan bagi Anda untuk menyempatkan waktu mampir di kawasan Ngarsopuran.

Di malam minggu jalan Ngarsopuran ditutup dan berubah menjadi pasar malam kaget yang banyak menjajakan barang-barang cinderamata, kuliner unik, dan berbagai pertunjukkan tradisional yang menarik. Pasar malam minggu Ngarsopuran biasa disebut dengan Ngarsopuran Night Market dan menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata di Solo. Di dekat jalan nan sejuk ini ada pula pasar artistic yang masih identik dengan nuansa pasar rakyat yang bernama Pasar Triwindu. Di siang hari Anda bisa mampir dahulu berkeliling pasar mencari berbagai cinderamata atau sekedar mengisi perut dengan kuliner jajanan rakyat di pasar Triwindu ini. Jika penat menggayut, tinggal duduk-duduk santai di Ngarsopuran menikmati nuansa matahari terbenam. Hmm, pasti Anda akan merindukan Solo dan ingin kembali lagi kesana jika sudah mengunjungi Ngarsopuran ini.

  1. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Taman hiburan rakyat Sriwedari atau yang biasa dijuluki THR Sriwedari adalah tempat hiburan rakyat dan tempat wisata di Solo yang dibangun khusus untuk menjadi tempat hiburan bagi rakyat yang sesuai bagi anak-anak sampai dewasa. Di dalam THR Sriwedari terdapat berbagai jenis wahana permainan dan juga mini water park. Anda bisa memilih wahana mana yang ingin Anda mainkan untuk bersenang-senang bersama keluarga Anda.

Selain wahana hiburan, Sriwedari juga dilengkapi dengan wahana stand ketangkasan, panggung hiburan, dan juga berbagai stand kuliner yang akan memanjakan ekspektasi perut lapar Anda. Untuk anak muda dan dewasa, ada juga berbagai pertunjukkan mini konser berbagai jenis musik, mulai dari pop, dangdut, sampai dengan jazz. Tempat wisata di Solo memang unik sekali, ya?

Nah, itu tadi beberapa referensi titik kota Solo yang bisa menjadi destinasi wisata Anda. Tempat wisata di Solo memang cukup banyak, dan lebih dari itu ditata dengan cukup rapi oleh pemerintah daerahnya. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah, juga tidak memerlukan banyak biaya untuk membeli tiket masuk.

Mari Berkunjung di Sudut-Sudut Tempat Wisata di Solo | Dina Qyu | 4.5