Keindahan Pesona Alam Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh – Jika Anda mengunjungi Provinsi Jambi, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Danau Gunung Tujuh, merupakan sebuah objek wisata danau yang terletak di Provinsi Jambi Sumatera. Danau ini merupakan salah satu fenomena alam yang terbentuk dari hasil letusan gunung beratus-ratus tahun yang lalu. Danau ini merupakan danau dengan posisi geografis tertinggi di Asia Tenggara, yaitu tepatnya ada di ketinggian 1.950 mdpl.

Nama Gunung Tujuh diambil dari jumlah gunung yang mengitari danau ini. Ada tujuh gunung yang mengitari danau ini yaitu Gunung Tujuh, Gunung Jar Panggang, Gunung Madura Besi, Gunung Hulu Tebo, Gunung Lumut, Gunung Hulu Sangit, dan Gunung Selasih.

Kondisi objek wisata alam danau ini masih sangat asri dan alami. Pengunjung danau ini terbilang masih sangat sedikit, sehingga kondisi alamnya pun masih sangat asri. Salah satu keindahan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan di danau ini adalah waktu fajar yaitu disaat matahari terbit. Dari lokasi danau ini, Anda akan disajikan pemandangan danau terbit yang sangat memukau.

objek-wisata-danau-gunung-tujuh

Danau Gunung Tujuh terletak di Kabupaten Kerinci Jambi, tepatnya di Kecamatan Kayu Aro, Desa Pelompek. Lokasi objek wisata ini tergolong cukup jauh dari pusat Provinsi Jambi. Jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota Jambi mencapai lebih dari 550 Km. Meskipun tergolong sangat jauh, akan tetapi pesona keindahan alam yang akan Anda dapatkan di tempat ini benar-benar akan sebanding dengan pengorbanan yang harus ditempuh.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Jambi, maka Anda akan menempuh perjalanan yang tergolong cukup panjang. Dari pusat Kota Jambi, Anda harus menuju ke daerah Sungai Penuh terlebih dahulu. Untuk bisa ada di Sungai Penuh, Anda dapat memanfaatkan fasilitas bus ataupun kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 10 Jam.

Dari daerah Sungai Penuh, selanjutnya Anda akan menempuh perjalanan ke Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa ada di lokasi ini adalah sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari lokasi ini, Anda harus berjalan kaki menuju lokasi Danau Gunung Tujuh selama lebih kurang 2 – 3 jam, tergantung pilihan jalur yang ingin Anda Tempuh.

Untuk dapat berada di lokasi danau ini, Anda dapat melewati dua buah jalur masuk. Jalur masuk yang pertama ada di gerbang pos jaga Taman Nasional Kerinci Seblat. Di jalur ini, Anda akan dihidangkan kondisi jalur yang cukup bersahabat dan tidak terlalu curam. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi danau dari jalur ini adalah sekitar 3 jam perjalanan (waktu normal wisatawan). Perlu Anda ketahui, untuk menempuh lokasi danau ini, Anda harus berjalan kaki dari mulai gerbang pos jaga hingga ke lokasi danau.

Jika Anda ingin menempuh perjalanan dalam waktu yang lebih singkat, Anda dapat menempuh jalur alternatif yang kedua yaitu dari belakang wisma Gunung Tujuh. Jalur ini menawarkan trek yang sedikit lebih ekstreme dibandingkan jalur yang pertama. Jalur perjalanan tergolong cukup  terjal dan curam. Meskipun begitu, Anda hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa berada di lokasi Danau Gunung Tujuh ini.

Fasilitas dan Akomodasi

Objek wisata Danau Gunung Tujuh hingga saat ini masih belum terkelola dengan baik. Objek wisata ini masih sangat minim fasilitas dan juga akomodasi. Untuk mendapatkan falitas hotel, pengunjung objek wisata ini harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Meskipun begitu, masih ada alternatif penginapan lain berupa homestay yang dapat ditemui di sekitaran wilayah Kersik Tuo.

Keindahan Pesona Alam Danau Gunung Tujuh | Zikra | 4.5