Inilah Tempat Wisata Dieng Yang Harus Anda Kunjungi

Tempat wisata Dieng, nampaknya sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata Jawa Tengah, Indonesia. Tidak hanya penduduk lokal saja, dalam arti Indonesia, namun untuk yang berkunjung ke tempat wisata dataran tinggi Dieng ini pun datang dari berbagai penjuru dunia. Keunikan dan keindahan alam dari Dieng ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, bahwa alam bagian dari Indonesia memang tidak kalah dengan alam luar negeri yang banyak disanjung oleh banyak orang.

Tempat wisata Dieng memiliki berbagai macam keunikan yang membuat banyak orang akhirnya penasaran dan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Dieng merupakan salah satu kabupaten yang berada di ketinggian yang cukup membuat Anda menggigil ketika Anda berkunjung ke sana tanpa menggunakan jaket. Meski menggunakan jaket, Anda akan tetap merasakan hawa dingin yang menusuk kulit Anda. Meski begitu Anda akan merasakan udara yang bebas polusi di sini, kesegaran udaranya tidak dapat diragukan lagi. Di sini, ada berbagai macam tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika Anda ke Dieng ini.

  1. Bukit Sikunir

bukit sikunir

Anda pasti sudah sering mendengar perihal salah satu tempat wisata Dieng ini. Tepat sekali, Sikunir ini merupakan tempat terbaik Anda untuk dapat melihat sunrise, atau matahari terbit. Perlu dicatat, bahwa salah satu tempat di Jawa Tengah, Indonesia ini adalah tempat terbaik melihat sunrise se-dunia. Jadi bukan hanya se-Indonesia saja, ini sangat menjadi kebanggaan tersendiri bukan. Untuk menuju ke sana, Anda harus melewati perjalanan kaki selama kurang lebih 2-3 jam lamanya. Juga dengan keadaan suhu 10 sampai 15 derajat celcius.

  1. Candi Arjuna

Candi Arjuna

Setelah Anda berada di ketinggian Bukit Sikunir, Anda bisa turun menuju tempat wisata Dieng lainnya yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Bukit Sikunir. Anda bisa menuju Candi Arjuna, ini merupakan salah satu candi tertua di Jawa Tengah. Di sini Anda bisa menikmati keindahan dan keunikan dari komplek Candi Arjuna ini. Mengapa disebut komplek? Sebab di sana tidak hanya Candi Arjuna saja, melainkan ada Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa. Keseluruhan nama candi ini diambil dari tokoh pewayangan di Jawa.

  1. Telaga Warna

Telaga Warna

Di dekat Candi Arjuna, Anda bisa berjalan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 10 menit untuk bisa mengunjungi tempat wisata di Dieng Telaga Warna ini. Telaga Warna juga menjadi salah satu tempat unik Dieng yang bisa menjadikan berbagai wisatawan dari penjuru dunia rela jauh-jauh mengunjungi tempat ini. Mengapa disebut Telaga Warna? Sebab air yang terdapat di telaga ini memiliki kandungan sulfur atau belerang yang sangat tinggi. Jika air tersebut terkena pancaran sinar matahari akan terlihat seperti warna-warna pelangi yang sangat memanjakan mata Anda.

  1. Telaga Menjer

Telaga Menjer

Berbeda dengan satu jenis telaga lainnya, tempat wisata Dieng Telaga Menjer ini masih kurang disukai oleh wisatawan. Sebab, untuk menuju ke sana Anda harus berjalan kaki dengan melewati sungai-sungai kecil. Meski harus melewati tempat seperti itu, namun keindahan alam dan kedamaian yang diberikan oleh Telaga Menjer ini sebanding dengan apa yang Anda lakukan. Di sini Anda akan merasakan kesejukan alam dan kedamaian yang begitu nikmat. Anda akan mendengar kicauan burung yang seolah bernyanyi untuk Anda.

  1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Di dekat Telaga Menjer, Anda bisa mengunjungi tempat wisata Dieng Kawah Sikidang. Kawah Sikidang memiliki keindahan dan juga bahaya tersendiri untuk Anda yang akan mengunjungi tempat tersebut. Sebab Kawah ini merupakan kawah yang masih aktif hingga saat ini. Terdapat kolam besar di ujung komplek yang merupakan percampuran antara lumpur abu-abu dan juga belerang yang masih terus mengepulkan asap dan didihan air. Jika Anda berada di area ini, Anda akan menghirup banyak sekali belerang, jadi sangat disarankan agar Anda tidak terlalu lama di kawah ini.

Lima tempat wisata Dieng di atas merupakan tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bila berbicara mengenai Dieng, sudah bisa dipastikan bahwa tidak akan ada habisnya. Sebab, bisa dibilang Dieng merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak sekali keindahan alam yang tidak mungkin habis untuk dijelajahi dan ditelusuri. Namun yang terpenting adalah ketika Anda berkunjung ke Dieng ini, meski sudah menjadi tempat wisata, namun Anda harus tetap menjaga kebersihan. Memang terdapat petugas kebersihan khusus di sini, namun alangkah lebih baiknya jika Anda sebagai wisatawan juga menjaga kebersihan. Dengan begitu keindahan alam Dieng ini tidak akan rusak oleh sampah yang menggunung.

Sungguh disayangkan bukan, apabila keindahan alam yang bisa Anda nikmati saat ini lalu lenyap begitu saja yang disebabkan oleh kerusakan alam oleh sampah. Untuk itu, jagalah kebersihan tempat wisata Dieng untuk kenyamanan bersama.

Inilah Tempat Wisata Dieng Yang Harus Anda Kunjungi | Dina Qyu | 4.5