Ini Dia Tempat Wisata di Surabaya yang Paling favorit

Kota metropolis kedua di Indonesia ini menjadi saksi perjalanan perjuangan Indonesia ketika menghadapi pahit rasa penjajah dan perih perebutan kemerdekaan. Kini, kota Surabaya juga dikenal sebagai kota pahlawan, salah satu titik dimana peperangan merebut kemerdekaan bangsa pernah pecah di sana. Jika dirunut lebih jauh, nama Surabaya bahkan berasal dari jaman Majapahit yang terdiri dari kata Sura (hiu) dan Baya (Buaya) sebagai lambang kejayaan kota Surabaya di masa Depan. Bukan hanya pertumbuhan ekonomi di kota metropolis ini yang mengagumkan, namun tempat wisata di Surabaya juga tak kalah banyaknya.

Terdapat puluhan titik tempat wisata di Surabaya yang bisa Anda kunjungi jika sedang berkunjung di kota Surabaya. Namun, kali ini sedikit akan kami reviewkan beberapa destinasi wisata yang menjadi favorit dan paling populer di ibu kota Jawa Timur ini:

  1. Tugu Pahlawan

Jika Anda sudah sampai dipusat kota Surabaya, kenapa tak sekalian mampir ke Tugu Pahlawan? Ya, tugu tempat wisata di Surabaya ini adalah momen yang mengenang arek-arek santri dan ‘jancukers’ saat bersatu melawan agresi Belanda dan berhasil mengusirnya meskipun harus memakan banyak korban. Untuk mengenang jasa para pahlawan tanpa nama inilah, tugu pahlawan dibangun. Tugu yang dibangun setinggi 41.15 meter ini menjulang kokoh di tengah kota dan sering menjadi destinasi wisata untuk berfoto ria. Dengan desain lingga atau pancang terbalik yang menjulang kokoh, Anda bisa merasakan nuansa keteguhan pahlawan ketika menghadapi Belanda pada tanggal 10 November 1945 lalu. Kini, tugu pahlawan juga menjadi destinasi wisata favorit di Surabaya tak ubahnya dengan Tugu Jogja.

  1. Patung Buddha Empat Wajah

Patung Buddha empat wajah merupakan patung Buddha tertinggi di Indonesia yang telah tercatat resmi oleh MURI (museum rekor Indonesia). Patung ini terletak di satu sudut pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Sambil nongkrong santai di Pantai Ria Kenjeran, Anda bisa berfoto mengabadikan momen di bawah patung Buddha empat wajah. Bangunan ini dikelilingi oleh 4 pilar pelindung yang berwarna hijau dan emas. Jika Anda ingin lebih tahu tentang filosofi masing-masing pilar, Anda akan mendapatkan keterangan dari penjaga patung Buddha empat wajah, yang emang ada disana untuk melayani pengunjung seperti Anda.

Secara umum, empat wajah patung Buddha yang menjadi tempat wisata di Surabaya ini, menjadi lambang masing-masing untuk perdamaian dan kesehatan, hubungan baik, keberuntungan, dan perlindungan terhadap kejahatan. Patung Buddha dengan empat wajah yang hampir sama dengan patung di Surabaya ini juga terdapat di Bangkok.

  1. Jembatan Merah

Ini dia jembatan tempat wisata di Surabaya yang gemanya sering Anda dengar dari lagu-lagu keroncong ataupun Anda temukan di buku-buku sejarah. Jembatan merah sebuah bangunan saksi sejarah pertempuran 10 November 1945. Sejarah jembatan merah berkaitan dengan peristiwa tewasnya jenderal Mallaby dan pasukannya pada saat pertempuran November 1845 pecah di Surabaya. Namun jangan Anda membayangkan tempat ini adalah sebuah jembatan tua yang terletak di pelosok kota wisata Surabaya. Kawasan Jembatan merah merupakan kawasan hidup dan ramai yang menentukan nafas perdagangan di kota Surabaya sejak zaman dulu.

Dahulu, area sekitar jembatan merah adalah tempat hunian dan kompleks toko tempat berdagang untuk orang Eropa, Cina, dan Melayu. Di bagian barat adalah kawasan berdagang khusus orang-orang Eropa, sementara bagian timur adalah lokalisasi untuk para pengusaha Cina, Arab, dan juga Melayu. Saat ini kawasan jembatan merah menjadi tempat wisata di Surabaya yang sangat padat sebagai pusat perdagangan. Jadi, disini Anda juga mampir membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Berjalan-jalan ria di kawasan Jembatan merah paling tepat adalah di malam hari, sebab Anda bisa menikmati nuansa pasar yang ramai namun sejuk. Berjalan-jalan santai sambil berjalan dan melihat berbagai macam oleh-oleh tentu saja merupakan kegiatan refreshing yang sangat menyenangkan, bukan?

  1. Klenteng Hong Tiek Hian

Ada sebuah kelenteng tua yang sering dikunjungi dan menjadi tempat wisata Surabaya. Kelenteng yang bernama Klenteng Hong Tiek Hian ini dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Majapahit oleh pasukan Tartar Khubilai Khan yang pernah masuk di Surabaya. Sampai kini Klenteng Hong Tiek Hian masih terawatt dengan baik dan menjadi destinasi wisata klasik yang banyak dikunjungi para wisatawan domestic ataupun mancanegara.

Untuk bisa sampai di Klenteng tua namun megah ini Anda harus sampai di Jl. Dukuh, kawasan Pecinan, Surabaya. Tempat wisata di Surabaya Hong Tiek Hian juga sangat dekat dari kawasan pecinan yang menawarkan berbagai sensasi wisata kuliner yang sangat lezat. Pada acara-acara tradisional Cina, Anda bisa menikmati pertunjukkan wayang lakon Pho Tee Hi yang bisa memanjakan kerinduan Anda akan pertunjukkan tradisional.

Nah, itu tadi beberapa obyek wisata yang bisa Anda kunjungi kala bersantai di Surabaya. Tempat wisata di Surabaya pada umumnya memang merupakan kawasan perdagangan atau landmark bersejarah. Pasalnya, kota berlogo hiu dan buaya ini juga sebuah kota yang berjuluk sebagai kota pahlawan.

Ini Dia Tempat Wisata di Surabaya yang Paling favorit | Dina Qyu | 4.5