Geopark Merangin, Surganya Para Pecinta Wisata Alam

Geopark Merangin – Berwisata ke Jambi tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjugi wisata alam di merangin yang satu ini. Geopark Merangin, wisata alam ini sangat populer di kalangan wisatawan di Jambi karena daya tarik berupa fosil flora berusia 350 juta tahun yang ada di dalamnya.

Hingga saat ini, Lokasi Geopark Merangin ini masih belum terkelola dengan baik. Pemerintah setempat masih belum mensuport secara serius untuk tempat wisata di Jambi ini. Padahal jika dikelola dengan baik, objek wisata ini dipastikan akan mendatangkan pemasukan yang tidak sedikit.

geopark-merangin-di-jambi

Meskipun belum terkelola dengan baik, akan tetapi pemandangan fosil tua yang ada di Geopark ini benar-benar sangat menakjubkan. Fosil flora yang sudah berusia lebih dari 350 juta tahun ini benar-benar memberikan pengalaman wisata yang sangat menarik. Selain itu, kegiatan arung jeram yang harus ditempuh untuk mencapai lokasi fosil flora ini juga sangat menantang adrenalin para wisatawan.

geopark-merangin-jambi

Lokasi Geopark Merangin

Geopark Merangin berada di Kabupaten Merangin, tepatnya di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap.

Jarak lokasi Geopark ini dari pusat Kota Jambi terbilang tidak terlalu jauh. Anda hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 7 Jam untuk bisa berada di Desa Air Batu dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk bisa berada di lokasi pastinya sendiri, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan berjalan kaki ataupun menyusuri sungai dengan arung jeram.

Akses menuju Geopark Merangin

Untuk menuju ke lokasi fosil flora Geopark Merangin, Anda dapat menggunakan dua buah akses masuk. Akses yang pertama adalah dengan berjalan kaki mengitari hutan di pinggiran sungai. Untuk menempuh lokasi fosil flora dengan berjalan kaki, Anda membutuhkan waktu sekita 3 jam dengan berjalan kaki.

Akses yang kedua adalah melalui kegiatan susur sungai. Akses yang kedua ini terbilang jauh lebih menarik dibandingkan dengan akses yang pertama. Anda dapat melakukan kegiatan rafting ataupun arung jeram untuk menggapai lokasi tepat fosil flora di Geopark Merangin ini. Meskipun terbilang jauh lebih menyenangkan, akan tetapi dibutuhkan nyali, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit untuk mengunjungi Geopark Merangin dengan cara yang kedua ini.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas dan akomodasi di wisata alam yang satu ini dapat dikatakan cukup memadai. Meskipun tidak bisa dibilang mewah, akan tetapi untuk keperluan transportasi dan penginapan, Anda dapat menemukan berbagai layanan jasa dengan cukup mudah.

Untuk akomodasi transportasi, Anda dapat menggunakan bis angkutan ataupun menyewa mobil dari pusat Kota Jambi, sedangkan untuk akomodasi dan fasilitas penginapan, Anda dapat menyewa berbagai macam homestay yang disediakan oleh penduduk setempat. Meskipun dengan kondisi seadanya dan jauh dari kata mewah, fasilitas penginapan homstay ini terbilang cukup murah dan nyaman untuk ditinggali.

Untuk bisa menikmati keindahan wisata alam yang satu ini, Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Untuk kegiatan tracking menuju lokasi geopark, Anda perlu menyewa seorang guide dengan biaya 100 ribu rupiah per orangnya, sedangkan untuk biaya penyewaan perahu karet, Anda diwajibkan menggelontorkan dana sebesar 600 ribu. Satu buah perahu dapat digunakan untuk 5 orang pengunjung dan satu orang pemandu. Biaya pemandu perahu sendiri sudah termasuk kedalam biaya sewa perahu ini.

Untuk keperluan penginapan, Anda dapat menyewa homestay dengan biaya rata-rata sekitar 200 ribu rupiah untuk satu malamnya. Satu buah homestay biasanya dapat digunakan untuk sekitar 10 orang pengunjung sekaligus.

Geopark Merangin, Surganya Para Pecinta Wisata Alam | Zikra | 4.5