Destinasi Tempat Wisata Di Gresik Yang Masih Alami

Jangan bilang Anda seorang traveler jika belum pernah menginjakkan kaki di Kabupaten Gresik. Kabupaten di wilayah Jawa Timur ini seakan-akan hanya identik dengan wisata religinya saja, yang tentu kurang diminati anak muda. Namun sebenarnya di Gresik terdapat banyak spot wisata yang tidak kalah unik dan menarik seperti halnya tempat lain. Jadi, mari kita tinggalkan dulu ciri Gresik yang identik dengan makam itu, dan menelusuri titik-titik wisata di Gresik yang bisa memanjakan mood Anda. Tempat wisata di Gresik cukup banyak dan bervariasi, mulai dari pantai sampai dengan air terjun semua ada.

Kabupaten Gresik merupakan sebuah wilayah di Provinsi Jawa Timur. Gresik memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik oleh turis lokal ataupun tidak. Kebanyakan spot menarik wisata Gresik adalah wisata alam yang tentu saja bisa menjadi penyemangat di hari yang sibuk. Di Gresik terdapat berbagai spot wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai wisata bahari.

Namun kali ini, mari kita jelajahi tempat wisata di Gresik yang terbentuk oleh alam sekaligus menjadi ikon wisata yang paling populer disana. Ini dia 4 titik obyek wisata di Gresik yang wajib Anda coba:

  1. Danau Kastoba

Danau kastoba

Merupakan danau alam yang indah dan terletak di puncak bukit. Danau Kastoba berair jernih dan berhawa sejuk, jauh dari kesan wilayah Jawa Timur yang panas. Untuk bisa sampai disana Anda harus sedikit bersusah-payah ‘menyisir bukit’ dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh satu kilometer. Karena jalannya setapak jadi kita tidak bisa menggunakan kendaraan untuk sampai disana. Danau ini masuk dalam wilayah Desa Paromaan-Kecamatan Tambak-Kabupaten Gresik, terletak di atas bukit Pulau Bawean. Selain mengunjungi tempat wisata di Gresik bernama danau Kastoba ini, Anda juga sekaligus juga bisa menyempatkan diri untuk menengok penangkaran rusa yang ada di Bawean.

  1. Air Terjun Laccar

Air terjun laccar

Masih di Pulau Bawean yang menjadi wilayah wisata kebanggaan Gresik, ada pula satu spot obyek wisata yang bisa dibilang masih sangat alami bernama air terjun Laccar. Air terjun ini memiliki aliran yang jernih, mata air nan dingin, dan tentu saja suasana alam yang masih kentara. Sayangnya sarana dan prasarana untuk mengunjungi tempat wisata di Bawean memang belum bisa diakses dengan mudah.

Jika untuk sampai di danau Kastoba kita perlu berjalan kaki menanjak sejauh satu kilometer, spot wisata Gresik satu ini lebih ekstrim lagi. Anda mesti menyusuri jalan setapak dan sungai berbatu di Pulau Bawean untuk bisa mencoba kesegaran air terjun Laccar. Tempat wisata di Gresik satu ini sesuai untuk Anda para anak muda yang suka mencoba wisata alam nan segar, dan terkadang semakin sulit jalan yang mesti dituju, akan semakin puas rasanya.

  1. Pantai Sukaoneng

Pantai sukaoneng

Mari kita turun dahulu dari puncak bukit dan menyusuri kaki-kaki pulau Bawean. Di bagian bawah Pulau Bawean, Gresik, kita bisa mengunjungi sebuah pantai indah dengan pasir putih menghampar yang oleh penduduk sekitar dijuluki pantai Sukaoneng. Nama sederhana yang diambil dari nama daerah tempat pantai ini berada, yakni desa Sekaoneng, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Tidak mesti sesulit dua tempat wisata di Gresik sebelumnya, untuk bisa mengunjungi pantai ini Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meteran saja dari jalan raya.

  1. Pantai Delegan

Pantai delegan

Selain pulau Bawean dan sejuta potensi obyek wisata alamnya, di Gresik juga ada sebuah pantai lain yang bisa menjadi alternatif Anda. Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng yang berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Gresik yang diberi nama dengan sederhana sesuai nama tempat asalnya, Delegan. Pantai Delegan adalah tempat wisata di Gresik dengan panorama yang cukup menawan dan cukup ampuh menjadi penghilang penat Anda. Akses untuk mengunjunginya juga relative lebih mudah karena tidak terlalu terjal dan berbukit-bukit.

  1. Bukit Jamur

Bukit jamur

Tempat wisata di Gresik berbentuk bukit kapur yang unik ini merupakan sebuah destinasi baru yang kini sedang gemar dikunjungi oleh masyarakat Gresik. Berbeda dengan bukit kapur pada umumnya, bukit jamur yang memiliki luas mencapai 3 hektar ini memiliki puluhan batuan kapur yang terbentuk secara alami menyerupai jamur. Angin dan hujan yang terus-menerus mengikis perlahan-lahan batu di tempat ini ditengarai menjadi sebab mengapa bisa batu bukit ini berbentuk seperti jamur. Jika Anda juga penasaran dan ingin melihat keunikan serta keindahan panorama bukit jamur, Anda bisa mengunjunginya lewat Kecamatan Buyan, Kabupaten Gresik.

Spot-spot wisata di atas adalah obyek tempat wisata di Gresik yang menjadi kebanggaan masyarakat sekitarnya. Yang paling menawan diantaranya semua destinasi ini adalah Danau Kastoba, menikmati tenangnya air danau di atas puncak bukit tentu saja bukan pemandangan yang ada di sembarang tempat. Meskipun harus menempuh perjalanan kaki sejauh 1 kilometer, tampaknya akan terbayar dengan mudah saat Anda menyentuh air di bibir danau.

Destinasi Tempat Wisata Di Gresik Yang Masih Alami | Dina Qyu | 4.5