Danau Kaco, Mutiara Tersembunyi di Provinsi Jambi

Danau Kaco – Salah satu objek wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi di Provinsi Jambi adalah Danau Kaco. Meskipun tidak dapat disebut sebagai objek wisata resmi, danau yang satu ini sangat layak untuk Anda kunjungi, terutama untuk Anda yang suka dengan petualangan alam.

Danau Kaco merupakan danau berukuran mini yang memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Jika dipandang dari kejauhan air di danau ini berwarna kebiruan. Air yang sangat jernih didukung dengan kondisi pepohonan hijau yang sangat rindang, benar-benar menghadirkan suasana alam yang sangat memukau.

danau-kaco-kerinci-jambi

Nama Danau Kaco diadaptasi dari sifat air yang ada di danau ini yaitu sifat memantul seperti kaca. Letak geografis danau ini yang sangat jauh dari pemukiman membuatnya tetap alami karena tidak terjamah oleh tangan-tangan jahat manusia.

danau-kaco-kerinci

Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar, danau ini kabarnya memiliki sebuah cerita misterius tentang seorang puteri cantik yang ingin dipinang oleh banyak pemuda. Ada banyak sekali pemuda yang meminang puteri cantik ini melalui berbagai macam harta dan juga batu mulia. Sangking banyaknya pemuda yang melamar, sang puteri menjadi lupa diri dan mengingkari setiap pemuda yang melamarnya. Ayah sang puteri yaitu Raja Gagak pun Akhirnya menenggelamkan puterinya sendiri beserta seluruh harta lamaran dari banyak pemuda yang diterimanya di danau ini.

Lokasi

Lokasi Danau Kaco ada di Kecamatan Gunung Raya, Provinsi Jambi, tepatnya di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, di Desa Lembur. Lokasi danau ini tergolong cukup terpencil, yaitu ada di tengah hutan hijau di daerah Desa Lembur. Untuk sampai ke lokasi danau ini, Anda harus menempuh perjalanan menggunakan kaki sekitar 4 jam dari Desa Lempur di Kecamatan Gunung Raya. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Jambi, total waktu yang Anda butuhkan untuk bisa menikmati keindahan alam ini dapat mencapai lebih dari 15 Jam perjalanan.

Akses

Untuk bisa menikmati keindahan danau ini, Anda membutuhkan waktu dan jarak perjalanan yang cukup lama. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Jambi, pertama-tama Anda harus menuju ke daerah Sungai Penuh terlebih dahulu. Dari Kota Jambi ke Sungai Penuh, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 Jam dengan memanfaatkan kendaraan bermotor.

Sesampainya di sungai penuh, Anda harus melanjutkan perjalanan Anda ke daerah Desa Lempur yang ada di Kecamatan Gunung raya. Anda membutuhkan sekitar 45 menit untuk menempuh lokasi ini dengan kendaraan bermotor.

Sesampainya di Desa Lempur, Anda disarankan untuk beristirahat. Hal ini dikarenakan, untuk menuju ke lokasi Danau Kaco, Anda perlu berjalan kaki selama lebih dari 4 jam perjalanan. Untuk beristirahat, Anda dapat menyewa homestay yang disediakan oleh masyarakat sekitar, ataupun membangun tenda di sekitaran lokasi ini.

Untuk menempuh lokasi Danau Kaco, Kami sarankan Anda menggunakan jasa guide yang telah benar-benar mengetahui lokasi objek wisata di jambi ini. Hal ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat di dalam hutan.

Fasilitas dan Akomodasi

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah Jambi, maka Anda sebaiknya menggunakan jasa penginapan di sekitaran Kota Sungai Penuh. Hal ini dikarenakan di sekitaran Danau Kaco tidak ada fasilitas maupun akomodasi penginapan sama sekali.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan aktivitas di hutan rimba, Anda dapat mendirikan tenda untuk bermalam di sekitar lokasi danau ini. Dengan mendirikan tenda, Anda juga bisa lebih menghemat biaya perjalanan Anda.

Danau Kaco, Mutiara Tersembunyi di Provinsi Jambi | Zikra | 4.5