Daftar Tempat Wisata di Makassar Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Makassar tidak kalah dengan tempat-tempat wisata di kota-kota besar lainnya karena ketika berkunjung ke kota ini ada banyak obyek wisata yang membuat kita ketagihan dan super betah. Ada hal-hal menarik yang akan diulas kali ini supaya kita semua tahu bahwa Makassar pun bisa jadi tempat tujuan liburan seru dan asyik.

Tempat Wisata di Makassar Paling Keren dan Populer

  1. Trans Studio Makassar
Trans-Studio-Makassar

Trans Studio Makassar

Bagi yang ingin berlibur dengan keluarga ke tempat wisata modern, tentu Trans Studio tidak boleh dilewatkan karena tempat wisata yang memiliki sekitar 21 wahana di dalamnya ini akan membuat para orang dewasa dan anak-anak merasa puas. Melayani setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam untuk hari biasa, sedangkan untuk hari besar dan akhir pekan, tempat ini akan dibuka sampai jam 9 malam dengan biaya masuk Rp 100 ribu di hari biasa dan Rp 175 ribu hari Sabtu-Minggu dan Rp 200 ribu waktu ada acara tertentu.

  1. Pemandian Air Panas Lejja
Pemandian-Air-Panas-Lejja

Pemandian Air Panas Lejja

Objek wisata yang ada di Makassar rupanya sangat luar biasa, bahkan pemandian air panas pun tersedia dan bisa ditemukan di daerah Kabupaten Soppeng di Kecamatan Marioriawa yang merupakan kawasan hutan lindung. Selain udara yang segar, saat berada di kolamnya ada pemandangan indah yang mengelilingi tempat itu untuk dinikmati. Tidak mahal-mahal, hanya dengan Rp 5 ribu saja untuk orang dewasa dan anak-anak Rp 3.500, air panas yang mengandung belerang ini bisa dinikmati dan bahkan air ini diyakini bisa menjadi obat berbagai penyakit rematik dan kulit. Untuk penyewaan gazebo, biaya yang dikenakan per dua jam penggunaan adalah Rp 50 ribu.

  1. Tanjung Bira
Tanjung-Bira

Tanjung Bira

Tempat wisata di Makassar lainnya yang sangat patut untuk dikunjungi saat ingin melepas penat adalah Tanjung Bira yang memasang biaya Rp 5 ribu untuk setiap pengunjung. Tempat wisata yang berlokasi di Kabupaten Bulukumba ini juga menyediakan tempat penyewaan untuk sepeda motor dengan tari Rp 65 ribu setiap harinya untuk mengelilingi daerah ini, serta penyewaan alat snorkeling dengan membayar Rp 30 ribu saja. Bisa dibayangkan betapa menyenangkannya tempat ini karena fasilitas lengkap yang disediakan; ada kamar mandi yang bisa dipakai sesudah berenang, restoran, dan bahkan penginapan. Baik itu hanya menikmati tenggelam atau terbitnya matahari, bersnorkeling ria, berjemur, atau berenang, semuanya dijamin seru.

  1. Pantai Losari
Pantai-Losari

Pantai Losari

Tempat wisata yang ada di Makassar sangat mempesona, termasuk juga Pantai Losari yang lokasinya ada di Jalan Penghibur. Diketahui bahwa untuk menikmati segala kegiatan dan pemandangan di pantai ini tidaklah perlu membayar. Kegiatan yang banyak dilakukan oleh banyak wisatawan adalah berlayar, banana boat, naik sepeda air, atau memancing. Setiap harinya, pantai ini begitu banyak yang mengunjungi mulai dari warga lokal yang suka jogging saat pagi, hingga wisatawan mancanegara. Paling ramai tentu adalah pada hari Sabtu dan Minggu. Sorenya adalah momen yang paling ditunggu-tunggu, yaitu menikmati terbenamnya matahari sambil berkuliner ria.

  1. Jalan Somba Opu
Jalan-Somba-Opu

Jalan Somba Opu

Nama tempat wisata di Makassar satu ini adalah tempat wajib bagi para wisatawan; tidak lengkap rasanya kalau berlibur tapi tidak membeli oleh-oleh, untuk itulah tempat ini bisa dikunjungi. Apa saja yang unik khas Makassar ada di sini, seperti minyak gosok cap tawon, makanan khas Makassar, serta kerajinan. Minyak gosok memang yang paling terkenal, tapi ada juga miniature kapal phinisi yang ada di dalam botol kaca yang menarik untuk jadi oleh-oleh dengan harga yang dibanderol dari Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu. Dari pagi sampai malam hari kita bisa berbelanja di sana sepuas mungkin.

  1. Benteng Rotterdam
Benteng-Rotterdam

Benteng Rotterdam

Tempat wisata di Makassar yang juga dikenal dengan nama Fort Rotterdam ini sangat dekat dengan lokasi Pantai Losari dan bisa ditemukan di daerah Bulogading. Tempat wisata yang tidak memungut biaya ini akan melayani pengunjung setiap hari dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Tapi untuk berkunjung ke Museum La Galigo, kita harus membayar Rp 7.500 setiap orang dan tempat ini buka dari hari Selasa sampai Minggu dengan jam pelayanan dari 8 pagi hingga setengah satu siang saja.

Berawal dari nama Benteng Ujungpandang yang lalu jatuh ke tangan Belanda, dari situlah namanya berganti menjadi Fort Rotterdam dan malah banyak dikenal sampai sekarang. Rempah-rempah yang dirampas dari Indonesia bagian timur disimpan di benteng ini. Ada 5 menara dan 13 bangunan yang terdapat di dalam kompleks benteng ini. Sebuah museum pun bisa ditemukan di benteng di mana benda-benda lama sisa dari kerajaan zaman dulu dikoleksi. Ada juga sebuah tempat di dalam benteng yang dipercaya menjadi ruangan Pangeran Diponegoro diasingkan.

7. Pantai Akkarena

Pantai-akkarena-makassar

Pantai Akkarena adalah pantai dengan area seluas 12 hektar yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pantai yang memiliki pasir hitam ini menawarkan keindahan pantai dan dikenal dengan matahari terbenamnya sehingga Anda dapat menikmati keindahan sunset di pantai ini. Selain itu, Pantai akkarena bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga sebagai tempat rekreasi untuk bersantai, bermain, atau berolahraga.

8. Museum La Galigo

Museum-La-Galigo-makassar

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Museum La Galigo. museum yang terletak di Jl. Ujung Pandang Kota Makassar ini memiliki banyak koleksi prasejarah, numismatik, sejarah, keramik asing, etnografi dan naskah yang berjumlah kurang lebih 4999 buah. Selain itu, tempat wisata sejarah di makassar ini juga memiliki senjata yang pernah digunakan pada saat revolusi kemerdekaan dan benda-benda yang berasal dari peninggalan kerajaan-kerajaan lokal.

9. Pulau Kodingareng Keke

Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah pulau yang tak berpenghuni yang berjarak sekitar 14 km dari kota makassar. Pulau Kodingareng Keke memiliki air laut yang jernih Selain itu, tempat wisata di makassar yang satu ini memiliki alam bawah laut yang mempesona dan indah sehingga sangat disukai bagi pecinta snorkel.

Di Pulau Kodingareng Keke tidak tersedia fasilitas publik seperti halnya yang ada di Pulau Samalona. Jika Anda ingin berwisata dan menikmati pesona Pulau Kodingareng Keke, Anda harus membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri karena disini tidak tersedia fasilitas publik seperti halnya yang ada di Pulau Samalona. Namun, Pada umumnya para wisatawan datang terlebih dahulu ke Pulau Kodingareng Keke sebelum datang ke Pulau Samalona. Karena, biasanya kapal atau speed boad yang menyediakan jasa penyewaan akan menawarkan kunjungan pada kedua tempat wisata tersebut.

10. Benteng Somba Opu

Bentek dengan bentuk segi empat ini memiliki panjang 2 km dan tinggi 7-8 meter dengan ketebalan dinding mencapai 3.6 meter. Benteng Somba Opu pada masa lampau merupakan pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang banyak dikunjungi oleh pedagang asing dari Asia dan juga Eropa. Saat ini, pada tempat wisata sejarah di makassar ini telah dibangun berbagai rumah adat tradisional dari semua suku bangsa yang ada di Sulawesi Selatan.

Benteng Sambo Opu memiliki museum yang berisi benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Gowa dan sebuah meriam legendaris berukuran panjang 9 meter dengan berat 9.500 kg  yang dinamakan Baluwara Agung. Anda juga dapat menikmati Gowa Discovery Park yaitu taman satwa dan waterboom yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung.

11. Pulau Samalona

Pulau Samalona berjarak sekitar 6,8 km dari kota Makassar dan memiliki luas area sekitar 2,34 ha.  Anda dapat tiba di Pulau ini dari sebuah dermaga di dekat Losari atau dari dermaga yang dekat Fort Rotterdamdengan dengan menggunakan speed boat dan butuh waktu sekitar 20-30 menit.

Tempat wisata di Makassar yang satu ini merupakan salah satu objek wisata yang favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Laut yang jernih serta hamparan pasir putih menjadikan objek wisata ini menjadi destinasi snorkel yang menarik. Anda juga bisa menikmati panorama sunset di tepian pantai di Pulau Samalona. Disini tersedia fasilitas publik seperti mushola, saung, tolit dan rumah makan serta Anda juga dapat menyewa penginapan di pulau ini.

Beberapa objek wisata diatas hanyalah sebagian yang bisa kami jelaskan, masih ada beberapa lagi tempat wisata lainnya yang cukup populer di makassar seperti dibawah ini.

Daftar tempat wisata di makassar lainnya

  1. Pulau Laelae
  2. Pulau Khayangan
  3. Pantai Barombong
  4. Pelabuhan Paotere
  5. Makam Raja-Raja Tallo
  6. Taman Makam Pahlawan
  7. Desa wisata Delta Lakkang

Banyak dari kita yang pastinya tidak menyangka bahwa kota Makassar memiliki begitu komplitnya tempat wisata, maka jangan ragu untuk mengunjungi semua tempat wisata di Makassar.

Daftar Tempat Wisata di Makassar Yang Wajib Dikunjungi | Zikra | 4.5