Candi Muaro Jambi, Objek Wisata Sejarah di Provinsi Jambi

Candi Muaro Jambi – Jika Anda berkunjung ke Kota Jambi, maka jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata sejarah yang satu ini. Candi Muaro Jambi merupakan salah satu tempat wisata Favorit bagi para wisatawan yang mengunjungi Kota Jambi. Jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, disertai dengan akses yang cukup mudah membuatnya menjadi salah satu tujuan objek wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat dan wisatawan di Jambi.

situs-candi-muaro-jambi

Salah satu candi di muaro jambi

Meskipun tidak sepopuler berbagai situs candi purbakala yang ada di Pulau Jawa, situs Candi Muaro Jambi ini terbilang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berbagai macam bangunan candi disertai dengan situs-situs sejarah lainnya, akan memberikan Anda banyak pelajaran dan informasi mengenai sejarah di Indonesia. Meskipun masih dalam tahap rekonstruksi, salah satu tempat wisata di Jambi ini telah dapat dibuka untuk dikunjungi para wisatawan yang ada di Kota Jambi.

Kumpulan Candi dalam Satu Wilayah

Di kompleks situs Muaro Jambi, ada beberapa situs purbakala berbentuk candi yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Tercatat ada lebih dari 6 candi yang sudah dapat dikunjungi oleh para wisatawan di komplek situs ini, dan ada beberapa candi lainnya yang sedang dalam proses perbaikan.

Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 80 reruntuhan bangunan kuno yang ditemukan di lokasi situs sejarah di Kota Jambi ini. Beberapa candi yang sudah dapat dikunjungi oleh para wisatawan di komples situs wisata ini yaitu candi Tinggi, Candi Gendong 1 dan 2, Candi Vando Astano, Candi Kembar Batu, dan Candi Cumpung.

kolam-Telago-Rajo

Kolam Telago Rajo di komplek candi muaro jambi

Selain candi-candi tersebut, wisatawan juga dapat menikmati beberapa objek wisata lainnya seperti kolam Telago Rajo dan juga berbagai kanal-kanal tua yang ada di sekitar kompleks wisata situs sejarah ini.

Sejarah

Berdasarkan informasi dari pemerintah setempat, candi ini merupakan sisa-sisa kekuasaan dari kerajaan Siriwijaya yang kini telah tiada. Candi ini diperkirakan dulunya merupakan pemukiman penduduk kerajaan kuno di sekitaran Abad sembilan hingga lima belas Masehi.

Candi ini diyakini merupakan salah satu pusat penyebaran dan juga perkembangan agama Budha di Indonesia.

Lokasi

Lokasi Candi Muaro Jambi ada di daerah kompleks Situs Muaro Jambi, tepatnya di Kabupaten Muaro Jambi. Jarak lokasi kompleks ini dari pusat kota jambi sekitar 30 kilometer. Objek wisata sejarah berupa candi ini membentang mengitari tepian sungai Batanghari sekitar lebih dari 7,5 kilometer.

komplek-candi-muaro-jambi

Ada banyak fasilitas angkutan baik umum maupun pribadi yang dapat dimanfaatkan untuk menuju lokasi kompleks candi ini. Anda dapat menggunakan berbagai tranportasi umum seperti bus maupun angkot yang menuju ke lokasi kompleks percandian ini, atau jika Anda tidak ingin terganggu oleh orang lain, Anda juga bisa menyewa mobil carteran yang banyak tersedia di pusat kota Jambi.

Akomodasi dan Fasilitas

Bila Anda yang berasal dari luar Kota Jambi ingin mengunjungi objek wisata sejarah Candi Muaro Jambi ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam fasilitas dan juga akomodasi penginapan yang ada di Kota Jambi. Jarak Kota Jambi dengan lokasi tempat wisata sejarah ini terbilang cukup dekat. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir untuk berbagai permasalahan akomodasi penginapan ataupun transportasi.

Tidak hanya mudah untuk ditemukan, Anda juga dapat menyesuaikan tempat menginap Anda dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Ada banyak pilihan tempat menginap dari mulai hotel hingga wisma dengan harga yang bervariatif.

Candi Muaro Jambi, Objek Wisata Sejarah di Provinsi Jambi | Zikra | 4.5