7 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Harus Dikunjungi

Jika Anda memikirkan tempat wisata di Banjarmasin apakah yang terlintas dalam benak Anda? Pasar Terapung? Sungai Barito? Jika itu semua jawabannya adalah benar salah satu ikon dari kota Banjarmasin adalah pasar terapung. Banjarmasin sendiri merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Selatan yang dilalui oleh banyak sungai. Kota ini juga mendapat julukan sebagai kota seribu sungai karena memang ada banyak sungai yang melalui kota ini. Tidak salah jika sungai di Banjarmasin menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakatnya. Dua sungai besar yang ada di Banjarmasin dan sangat berpengaruh adalah sungai Martapura dan sungai Barito.

Karena banyaknya sungai yang ada di kota ini, maka tempat wisata di Banjarmasin tidak lepas dari sungai yang ada di kota ini. Walaupun ada banyak sungai, namun ada juga berbagai pilihan wisata lainnya yang ada di Banjarmasin. Untuk Anda yang ingin berlibur ke Banjarmasin, berikut tempat-tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi selama berlibur di Banjarmasin:

  1. Pasar Terapung

Pasar terapung

Tempat wisata ini berupa pasar tradisional yang unik dengan para penjualnya yang ada di dalam sampan atau perahu kecil. Setiap pedagang membawa barang jualannya dalam sampan dan menjualnya dari sampan tersebut, sehingga para pembeli yang ingin membeli harus menaiki atau menyewa sampan untuk berkeliling tempat wisata di Banjarmasin yang paling populer. Pasar terapung yang cukup terkenal adalah pasar terapung di sungai Barito. Anda bisa mengunjungi pasar ini dari pukul 5 pagi sampai pukul 7 pagi dan setelah itu pasar akan sepi dan tidak banyak penjual yang masih bertahan.

  1. Taman Maskot

Taman maskot

Tempat wisata di Banjarmasin yang cukup terkenal dan harus Anda kunjungi adalah taman maskot. Taman ini terletak di Jl H Djok Mentaya dan berada di pusat kota Banjarmasin, dinamakan taman maskot karena dalam taman ini terdapat patung maskot dari kota Banjarmasin yaitu bekantan. Selain itu juga ada pohon kasturi yang juga merupakan maskot dari kota Banjarmasin. Di sini Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan kota dan melihat beberapa monyet liar yang bergelantungan di pohon kasturi yang ada dalam taman ini.

  1. Pantai Pegatan

pantai pagatan

Pantai di Banjarmasin ini letaknya sangat mudah dicapai karena berada di daerah Trans Kalimantan yang menghubungkan Banjarmasin dengan Kotabaru. Di pantai ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih yang lembut dan juga panorama pantai yang sangat indah. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menjadi persinggahan Anda bersama keluarga selama berlibur di Kalimantan Selatan.

  1. Pulau Kembang

Pulau kembang

Tempat wisata di Banjarmasin ini merupakan sebuah pulau yang letaknya ada di tengah-tengah dari sungai Barito. Pulau ini merupakan pulau yang dihuni oleh para monyet dan juga berbagai jenis burung. Berdasarkan keterangan dari warga setempat, dalam Pulau Kembang ini Anda bisa menemukan seekor monyet yang sangat besar yang merupakan raja dari monyet-monyet yang ada di pulau ini. Selain itu, di pulau ini juga terdapat sebuah kuil yang terdapat patung Hanoman atau monyet putih. Biasanya warga Tionghoa di Banjarmasin meletakkan sesaji pada waktu tertentu di tempat ini. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, Anda harus berhati-hati dengan monyet di pulau ini karena mereka sering merampas barang bawaan pengunjung.

  1. Pasar Intan Martapura

Pasar intan martapura

Untuk Anda yang ingin berbelanja oleh-oleh khas Kalimantan, maka tempat wisata di Kalimantan Selatan yang wajib Anda kunjungi adalah Pasar Intan Martapura. Pasar ini merupakan pusat oleh-oleh khas Banjarmasin, dimana kebanyakan barang yang dijual di sini adalah permata yang indah dan mempunyai kualitas yang bagus. Anda bisa menemukan lebih dari 80 toko permata yang menjual berbagai oleh-oleh khas Banjarmasin ini. Ada banyak pilihan bentuk seperti gelang, kalung, dan cincin. Letak dari pasar ini tidak jauh dari pusat kota yaitu di Jl Ahmad Yani.

  1. Kampung Sasirangan

kampung sasirangan

Tempat wisata di Banjarmasin yang masih menjual oleh-oleh khas dari Banjarmasin adalah Kampung Sasirangan. Kampung ini hampir sama dengan kampung batik yang ada di Cirebon, hanya saja kain batik yang dihasilkan adalah kain batik yang khas dari Banjarmasin atau sering disebut dengan batik Sasirangan. Anda bisa berbelanja batik khas Banjarmasin di sini dengan harga yang murah dan terjangkau. Ada banyak bentuk batik yang bisa dipilih seperti baju, kolor, sprei, taplak meja, dan selendang.

  1. Museum Wasaka

museum wasaka

Selain wisata alam Banjarmasin juga ada tempat wisata sejarah di kota ini yaitu Museum Wasaka. Tempat wisata ini merupakan museum sejarah yang menampung berbagai koleksi barang ketika masa perjuangan dan juga koleksi foto serta seragam perjuangan yang ada di Banjarmasin. Letak dari museum ini ada di pinggir sungai Banjarmasin dengan pemandangan luar yang indah. Di tempat wisata di Banjarmasin ini, Anda bisa belajar banyak mengenai sejarah Banjarmasin.

Baca juga : 6 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Paling Menarik

Bagaimana, banyak bukan tempat wisata yang ada di Banjarmasin yang sangat menarik dan wajib Anda kunjungi? Ibu kota Kalimantan Selatan ini memang menyimpan potensi wisata yang sangat banyak. Tempat wisata di kota Banjarmasin didominasi oleh wisata alam berupa sungai dan juga beberapa wisata bersejarah serta taman kota yang sangat indah. Hampir di setiap tempat wisata di Banjarmasin pasti terdapat monyet di dalamnya.

7 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Harus Dikunjungi | Dina Qyu | 4.5