6 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Paling Menarik

Tempat wisata di Kalimantan Selatan paling menakjubkan. Kalimantan Selatan tepatnya di kota Banjarmasin sendiri ada banyak sekali tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang terkenal yaitu Pasar Terapung, pasar tradisional terletak di atas air. Tak heran jika kota ini disebut juga sebagai Kota Seribu Sungai, sebab kota ini memang banyak dilalui oleh sungai kecil dan sungai besar, layaknya Sungai Martapura dan Sungai Barito. Berikut ini beberapa objek wisata di Kalimantan selatan yang bisa Anda kunjungi saat pergi ke kota Banjarmasin:

Ulasan 6 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Paling Menarik

  1. Pasar Terapung

Pasar terapung

Salah satu tempat wisata di Kalimantan Selatan yang paling terkenal adalah Pasar Terapung. Objek wisata yang satu ini termasuk salah satu tempat untuk aktivitas jual beli warga, dan uniknya Anda bisa melakukan jual beli di pasar ini tepatnya di atas perahu mengapung. Kini, pasar terapung sudah menjadi kawasan wisata di Kalimantan Selatan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Adapun salah satu jenis pasar terapung paling populer di Banjarmasin yaitu terletak di muara Sungai Barito, di Kelurahan Kuin Utara, kota Banjarmasin. Pasalnya, pasar terapung ini sudah ada semenjak 400 tahun silam. Adapun barang yang diperjualbelikan di pasar ini berupa makanan, pakaian dan hasil kebun. Awalnya, Pasar Terapung sendiri sebagai tempat untuk bertukar barang atau barter dengan tidak mempergunakan uang. Walaupun kini memakai uang untuk alat tukar, tetapi masih ada beberapa orang yang melakukan barter.

  1. Taman Maskot

Taman maskot

Berdasarkan namanya, tempat wisata di Kalimantan Selatan ini menyajikan 2 maskot dari kota Banjarmasin, yakni pohon kasturi dan bekantan. Di pintu masuk sendiri, Anda pun bisa disambut dengan sebuah patung berupa bekantan yang seukuran manusia usia dewasa. Di belakang patung ini sendiri terdapat patung dari pohon kasturi beserta monyet-monyet yang sedang bergelantungan. Di bagian kanan pintu masuk, terdapat rumah tanaman berupa lidah buaya, kaktus, dan aneka jenis tanaman yang lainnya di dalam pot. Tempat objek wisata di Kalimantan selatan ini dilengkapi fasilitas berupa toilet, warung makan, arena tempat bermain anak, bangku-bangku taman, lahan parkir, dan mushola.

  1. Museum Wasaka

museum wasaka

Tempat wisata di Kalimantan selatan berupa sebuah museum yang dinamakan Museum Wasaka. Museum Wasaka ini merupakan singkatan Waja Sampai Kaputing sekaligus termasuk motto perjuangan dari rakyat yang ada di Kalimantan Selatan. Objek wisata bersejarah yang satu ini terletak di Jl. H. Andir, di Desa Kampung Kenang Ulu, Kabupaten Banjarmasin Utara. Adapun arsitektur bangunan Museum Wasaka ini berupa rumah adat dari Banjarmasin dengan bentuk panggung yang memiliki atap tinggi. Sementara di dalamnya sendiri ada mesin ketik, beragam koleksi foto, senjata dan seragam perjuangan yang biasanya digunakan melawan penjajah. Di tempat wisata Kalimantan Selatan ini juga terdapat sepeda tua sebagai pengantar surat dengan sembunyi-sembunyi.

  1. Pulau Kembang

Pulau kembang

Salah satu tempat wisata di Kalimantan Selatan menarik lainnya adalah Pulau Kembang, yakni sebuah pulau terletak di Sungai Barito bagian tengah. Objek wisata yang satu ini termasuk habitat monyet serta aneka jenis burung. Berdasarkan penuturan warga sendiri, di Pulau Kembang ini ada seekor monyet berukuran besar dan termasuk raja monyet. Ketika Anda berada di tempat wisata ini, Anda harus berhati-hati jika membawa barang bawaan. Sebab biasanya monyet-monyet di pulau ini selalu penasaran serta ingin melihat segala sesuatu yang dibawa. Selain itu, yang paling menarik adalah terdapat altar dan kulit dengan arca yang berbentuk seperti Hanoman atau monyet putih. Adapun altar tersebut, bagi warga Tionghoa sendiri dipakai untuk menempatkan sesaji di waktu-waktu tertentu.

  1. Masjid Sabilal Muhtadin

Masjid sabilal

Salah satu tempat wisata di Kalimantan Selatan yang menawarkan keindahan arsitektur bangunan berupa Masjid Sabilal Muhtadin sekaligus sebagai masjid paling besar yang ada di Banjarmasin. Adapun masjid yang memiliki 5 buah menara yang satu ini bisa menampung hingga 15.000 jamaah. Adapun nama Masjid Sabilal Muhtadin sendiri berdasarkan nama kitab dari Syeihk Muhammad Arsyad Al Banjary yang termasuk ulama besar yang ada di Kalimantan Selatan. Adapun Masjid Sabilal Muhtadin yang didirikan sejak tahun 1981 ini merupakan tempat wisata di Kalimantan Selatan yang lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan, entah itu wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

  1. Pasar Intan Martapura

Pasar intan martapura

Pasar intan terletak di Jl. Ahmad Yani, Martapura, yakni 45 km di jantung kota Banjarmasin. Pasar yang satu ini termasuk salah satu tempat wisata yang cocok untuk Anda yang gemar dengan batu permata. Pasar Intan Martapura lebih dikenal sebagai salah satu kota hasil tambang dari batu permata paling besar yang ada di Indonesia. Adapun jenis batu permata yang dijual di Pasar Intan Martapura ini mempunyai kualitas paling baik.

Itulah ulasan 6 tempat wisata di Kalimantan Selatan yang layak dikunjungi dengan menawarkan pemandangan menarik!

6 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Paling Menarik | Dina Qyu | 4.5