5 Tempat Wisata di Pasuruan Paling Menarik

Tempat wisata di Pasuruan wajib dikunjungi. Kota Pasuruan berada di Jawa Timur, tepatnya di jalan utama antara Surabaya-Banyuwangi. Kabupaten Pasuruan sendiri terkenal dengan wisata alamnya yang begitu menakjubkan. Bagian barat kota Pasuruan sendiri berbatasan dengan wilayah kota Malang dan Mojokerto, yakni termasuk wilayah dataran tinggi dengan cuaca yang begitu sejuk dan termasuk salah satu tempat tujuan wisata paling utama di Jawa Timur. Di kawasan ini ada banyak vila-vila tempat peristirahatan serta sejumlah perumahan yang elit. Bahkan kawasan objek wisata di Pasuruan ini seringkali dipakai untuk tempat berkemah. Jika Anda berencana pergi ke kota Pasuruan, ada beberapa tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi berikut ini:

5 Tempat wisata di pasuruan yang populer

  1. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Di kota Pasuruan sendiri, para wisatawan bisa menikmati wisata alam yang menyejukkan. Tak hanya sebagai objek wisata saja, area perkebunan yang memiliki luas 85 hektar tersebut juga berfungsi sebagai tempat areal observasi LIPI yang bertujuan untuk kepentingan sektor pertanian Indonesia. Kawasan wisata di Pasuruan ini awalnya dibangun sejak zaman penjajahan Belanda, oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking tepatnya di tanggal 30 Januari tahun 1941.

Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati aneka macam koleksi tanaman di sekitar kebun raya yang mencapai hingga 10.000 jenis tumbuhan termasuk di antaranya 30 jenis bambu, 157 jenis polong-polongan, 1.896 palem, 60 tanaman paku, 319 jenis tanaman anggrek, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda tak hanya bisa menikmati sajian pemandangan aneka jenis tumbuhan saja, di tempat wisata di Pasuruan ini juga tersedia wahana taman bermain, area camping, kolam perahu, kolam renang anak, gazebo, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tertarik pergi ke tempat wisata ini, Kebun Raya Purwodadi terletak di Jl. Raya Surabaya – Malang, di km 65, kecamatan Purwodadi dan Kabupaten Pasuruan.

  1. Air Terjun Gumandar

air terjun gumandar

Tempat wisata di Pasuruan berikutnya menawarkan pemandangan air terjun yang begitu menawan dan eksotis. Uniknya, air terjun Gumandar tak memiliki aliran air sungai yang mengaliri air di atas tebing, tetapi langsung menuju tanah untuk dapat diserap lalu keluar melalui sumber air yang ada di area pemukiman penduduk. Di sekitar Air Terjun Gumandar ini ada pula sejenis air terjun yang lainnya bernama Air Terjun Deleg yang terletak 11 km dari area Kaliandra. Air Terjun Gumandar sendiri berlokasi di desa Dayureji, tepatnya Kecamatan Prigen, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

  1. Taman Safari Prigen

taman safari prigen

Anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata Pasuruan tepatnya di Taman Safari Indonesia II atau Taman Safari Prigen. Taman Safari Prigen terletak di TN. Gunung Arjuna tepatnya di Kecamatan Prigen, Kota Pasuruan. Taman Safari ini memiliki suasana yang begitu sejuk sebab terletak di ketinggian 800 mdpl, tentunya membuat para wisatawan pun merasa begitu nyaman saat berwisata ke tempat ini. Di sini terdapat banyak hewan mamalia seperti harimau, singa, zebra, orang utan, gajah, lumba-lumba, banteng, gajah dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis unggas pula yang terdapat di Taman Safari Prigen ini, seperti kasuari, burung unta, nuri, elang, dan pelikan. Tak hanya itu saja, ikan Arapaima Gigas pun bisa Anda jumpai di kawasan wisata yang satu ini. Berwisata ke tempat wisata di Pasuruan yang satu ini tentunya membuat Anda dan keluarga begitu menikmati pemandangan aneka satwa yang disajikan di tempat ini. Anda juga bisa menyaksikan tontonan pertunjukan dari aneka satwa seperti lumba-lumba, harimau, elang, gajah dan lain sebagainya. Bahkan untuk anak-anak juga disediakan wahana air Waterworld.

  1. Air Terjun Alap-Alap

air terjun alap-alap

Jika Anda ingin menyaksikan wisata alam menarik lainnya di Pasuruan, bisa berkunjung ke Air Terjun Alap-Alap. Air terjun ini terletak di area pegunungan Welirang dan Gunung Arjuno. Adapun ketinggian dari air terjun yang satu ini yakni 40 meter yang memiliki 3 tingkatan. Air terjun ini tak memiliki debit terlalu besar serta mengalir lewat sela-sela pada tebing batu. Pada bagian bawah kucuran air terjun juga terletak kolam untuk menampung air yang memiliki luas 60 m2. Adapun nama air terjun alap-alap sendiri diadopsi dari nama jenis burung pemangsa sekaligus habitat dari hidup burung tersebut dengan nama Elang Jawa. Tempat wisata di Pasuruan ini berada di Desa Pacalukan, Kecamatan Prigen, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

  1. Condido Agro Herbal

condido agro herbal

Untuk para wisatawan yang gemar menikmati keindahan taman bunga, yang terletak kabupaten Pasuruan bisa berwisata ke Condido Agro Herbal. Tempat wisata di Pasuruan ini mulai berdiri sejak 1997, yang berlokasi di Desa Tutur, Kecamatan Tutur. Adapun wilayah di area wisata ini pun dikenal sebagai Nongkojajar. Adapun produk unggulan yang terdapat di area wisata ini yaitu bunga Krisnan. Terdapat pula jenis tanaman yang lainnya yakni anthurium andreanum, leather leaf, lily dan gerbera.

Dengan ulasan tempat wisata di Pasuruan tersebut, Anda bisa memilih salah satu tempat wisata paling menarik yang ingin Anda kunjungi di atas!

5 Tempat Wisata di Pasuruan Paling Menarik | Dina Qyu | 4.5