5 Tempat Wisata di Klaten Paling Terkenal dan Menakjubkan

Tempat wisata di Klaten paling terkenal. Klaten termasuk salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Klaten mempunyai beragam potensi kawasan wisata seperti wisata buatan, wisata alam, wisata religi hingga wisata keluarga. Seperti kita ketahui, berwisata merupakan cara seseorang untuk melakukan refreshing untuk mengobati rasa jenuh karena rutinitas kerja yang tiada hentinya. Maka dari itu, tak heran rasanya jika banyak orang menyempatkan waktu berlibur untuk menghilangkan kepenatan dan pergi ke tempat-tempat wisata populer salah satunya tempat pariwisata di Klaten.

Bagi Anda yang memang bertempat tinggal di Jawa Tengah, pergi ke Klaten bisa menjadi salah satu hal menarik untuk mengisi waktu libur Anda. Apalagi, jika Anda berkunjung ke beberapa Tempat wisata di Klaten ini. Kabupaten Klaten sendiri terletak tepat di dua pusat tempat kebudayaan terbesar, yakni Kesultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta. Dengan begitu, Kabupaten Klaten masih begitu kental dengan yang namanya adat kebudayaan sampai sekarang yang juga masih dilestarikan, contohnya Kupatan, Apeman, Perayaan Nyadran. Di samping adat kebudayaannya yang masih begitu lekat, Klaten menyimpan sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi. Adapun beberapa objek wisata di Klaten paling populer dan menarik untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

  1. Warung Apung Rowo Jombor

warung apung rowo jombor

Salah satu tempat wisata di Klaten ini menawarkan sebuah warung terapung tepat di atas air, yakni Warung Apung Rowo Jombor atau Jimbung. Adapun tempat wisata yang satu ini letaknya tepat di area Rowo Jombor. Di area ini terdapat jejeran warung apung dengan menawarkan beragam masakan yang berbahan baku dari ikan air tawar, seperti ikan gurame, nila, lele dan lain sebagainya. Anda bisa berkunjung ke warung apung ini secara gratis, tapi untuk membeli aneka makanan yang tersedia di warung tersebut tentunya Anda harus merogoh kocek Anda. Kawasan wisata di Klaten ini menyuguhkan hidangan yang lezat-lezat, tak jarang ada beberapa warung yang juga menyajikan hiburan seperti orkes dangdut di waktu-waktu tertentu.

  1. Umbul Ponggok

umbul ponggok

Bagi Anda yang ingin belajar menyelam sebelum menyelam sungguhan di laut, maka salah satu tempat wisata di Klaten ini bisa menjadi pilihannya. Adapun nama tempat wisata tersebut adalah Umbul Ponggok, yakni berupa kolam alami yang memiliki kedalaman 1-3 meter dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan yang gemar melakukan aktivitas snorkeling serta berfoto-foto ria di pemandangan bawah air. Jadi, bagi Anda yang berencana pergi ke Tempat wisata di Klaten ini wajib membawa foto digital tahan air yang bisa memotret aksi Anda ketika berendam di dalam air kolam. Di sini Anda pun bisa menyaksikan pemandangan alam di bawah air yang berupa bebatuan yang masih alami dipadukan dengan aneka macam jenis ikan yang berwarna warni. Untuk Anda yang masih belum memiliki perlengkapan snorkeling, tenang saja sebab di area wisata ini pun terdapat tempat sewa perlengkapan snorkeling. Tempat wisata Umbu Ponggok sendiri terletak di Desa Ponggol, tepatnya di Kecamatan Planharjo, Klaten.

  1. Umbu Jalatunda

umbul jolotundo

Jika Anda ingin pergi ke Tempat wisata di Klaten yang menawarkan kolam pemandian luas dan ditemani dengan ikan-ikan berukuran kecil, maka bisa berwisata ke Umbul Jalatunda. Pasalnya, tempat yang satu ini dibangun pemerintah Belanda sejak tahun 1924 dengan begitu masih belum banyak terdapat perubahan, yaitu ada beberapa kolam yang memiliki kedalaman berbeda-beda, di mana masing-masing dari kolam tersebut diberi sekat dinding batu. Adapun kolam pemandian yang satu ini berlokasi di Jatinom, 10 km dari kota Klaten sebelah utara.

  1. Makam Sunan Tembayat

makam sunan tembayat

Anda pun bisa berziarah ke salah satu Tempat wisata di Klaten sekaligus merupakan tempat wisata religi di Kecamatan Bayat, di Kabupaten Klaten. Adapun Sunan Tembayat sendiri adalah salah seorang ulama dengan menyebarkan ajaran agama Islam di kabupaten Klaten. Awalnya, Sunan Tembayat sendiri merupakan seorang Adipati yang ada di kota Semarang dengan nama Pandanaran. Kemudian Adipati Padanaran ini berhijrah ke Bayat dikarenakan ingin menuntut ilmu dari Agama Islam langsung dari Sunan Kalijaga.

  1. Kali Pusur

kali pusur

Jika Anda gemar beraktivitas river boarding, maka salah satu kawasan wisata yang ada di Klaten ini bisa menjadi pilihan, apalagi kalau bukan di River Boarding Kali Pusur. Di area sungai ini, Anda akan melintasi 3 desa sekaligus yang ada di Kecamatan Polanharjo dan Tulung, Klaten hingga sejauh 10 Km. Dengan berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini Anda bisa merasakan sensasi dengan mengarungi sungai melalui arus sungai bervariasi, terkadang deras, pelan dan juga jeram. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab setiap kali pengarungan boarding ini pasti didampingi oleh 2 orang penjaga sekaligus.

Ya, demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Klaten paling populer dan menakjubkan untuk dicoba!

5 Tempat Wisata di Klaten Paling Terkenal dan Menakjubkan | Dina Qyu | 4.5