4 Tempat Wisata di Bukittinggi Yang Menarik dan Indah

Sudah tahukah Anda tempat wisata di Bukittinggi yang menarik untuk dikunjungi? Seperti yang kita ketahui bahwa Bukittinggi sangat dikenal dengan daerah yang mempunyai pemandangan alam yang indah dan menawan. Karena keindahannya tersebut, banyak wisatawan yang memang merencanakan untuk berlibur untuk mengunjungi obyek wisata di Bukittinggi. Selain itu, Bukittinggi juga dikenal dengan kota bersejarah karena pernah dijadikan sebagai ibu kota negara Indonesia sementara pada saat negara Indonesia masih dijajah oleh negara asing. Maka dari itu, banyak peninggalan yang memiliki nilai sejarah sehingga banyak memberikan pengetahuan kepada para wisatawan mengenai keadaan Kota Bukittinggi ketika zaman tersebut.

Seperti yang kita ketahui, kota Bukittinggi di Sumatra Barat mempunyai pemandangan yang indah dan dapat membuat para wisatawan ketagihan untuk mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi lainnya yang menarik. Banyak wisatawan yang mengunjungi kota Bukittinggi, misalnya pada tahun 2012 jumlah keseluruhan wisata berasal dari berbagai mancanegara dan mengunjungi Bukittinggi mencapai sekitar kurang lebih dari 26 ribu orang. Apalagi tempat wisata di Bukittinggi sudah terkena dengan berbagai keindahan dan wisata alam yang menawan. Selain itu, kota Bukittinggi masih memiliki berbagai keragaman budaya yang menarik yang masih terus dijaga dan dilestarikan. Terlebih lagi Anda akan dimanjakan dengan tempat wisata di Sumatera Barat yang terdiri dari tempat belanja yang banyak dan kuliner yang khas dan enak.

Tempat wisata di Bukittinggi

  1. Benteng Fort de Kock

benteng fort de kock

Benteng Fort De Kock merupakan benteng yang dibangun letaknya di atas Bukit Jirek dan pada awalnya diberi sebuah nama Sterrenschans. Setelah itu namanya berubah dari Sterrenschans menjadi Fork de Kock yang diberi nama oleh Hendrik Merkus de kock yang merupakan seorang militer dari Belanda. Setelah itu, beberapa tahun kemudian, di sekitar benteng ini berkembang atau berubah menjadi sebuah kota yang disebut juga dengan nama Fork de Kock yang telah berlalu bernama Bukittinggi. Saat ini kawasan disekitar benteng Fork de Kock menjadi sebuah taman yang indah dan sering disebut dengan taman kota Bukittinggi dan taman burung tropis. Itulah tempat wisata di Bukittinggi pertama yang harus Anda kunjungi terlebih dahulu.

  1. Jam gadang

jam gadang

Jam gadang yang berada di kota Bukittinggi lokasinya berada di pusat kota Bukittinggi. Jika hari libur, suasana di sekitar jam gadang ini ramai dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai macam daerah terutama ketika suasana malam Minggu. Tempat wisata di Bukittinggi jam gadang ketika malam minggu sangat ramai dipenuhi pengunjung yang hanya ingin berfoto bersama, menghabiskan waktu liburan dengan keluarga, pacar, teman dan lain sebagainya. Jam gadang atau sering disebut dengan simbol khas dari provinsi Sumatera Barat atau kota Bukittinggi ini, tentunya mempunyai cerita yang bersejarah dan menarik untuk diketahui.

  1. Museum rumah adat baanjuang

museum rumah adat baanjuang

Tempat wisata di Bukittinggi pertama kalinya didirikan oleh Mondelar Countrolleur sekitar tahun 1935 yang berasal dari Belanda. Museum rumah adat baanjuang merupakan bangunan seperti rumah tradisional namun memiliki sebuah anjungan di bagian kiri dan kanan. Jika Anda amati, maka bangunan ini merupakan bangunan yang masih terlihat tradisional. Hal ini karena atapnya masih dibuat dengan menggunakan ijuk, dindingnya terbuat dari kayu dan lantainya terbuat dari kayu sehingga menambah bangunan masih bersifat tradisional. Anda bisa melihat koleksi yang terdapat pada museum rumah adat berjuang ini seperti etnografika, binatang yang telah diawetkan, numismatika dan lain sebagainya.

  1. Ngarai Sianok

ngarai sianok

Obyek wisata di Bukittinggi yang terakhir adalah Ngarai Sianok. Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang sangat curam atau sering disebut jurang. Namun meskipun sangat curam di bawahnya terdapat sebuah aliran anak sungai yang sangat berliku-liku yang menelusuri tebing. Latar dari Ngarai Sianok ini yakni gunung merapi dan Gunung Singgalang. Perlu Anda ketahui bahwa curam yang terdapat di Ngarai Sianok ini mempunyai kedalaman sekitar 100 m dan membentang kira-kira 15 km serta lebarnya kira-kira 200 m. Pemandangan yang sangat indah seperti lukisan alam yang alami. Nah, inilah tempat wisata di Bukittinggi yang menarik dan wajib untuk Anda coba kunjungi serta abadikan moment spesial Anda ketika masih mengunjungi tempat ini.

Itulah tempat wisata di Bukittinggi yang bisa Anda kunjungi dengan orang spesial bagi hidup Anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Bukittinggi mempunyai banyak sekali wisata yang sebaiknya jangan terlewatkan, seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain Anda mengunjungi tempat wisata yang menarik dan indah di Bukittinggi sebaiknya Anda juga menikmati kuliner Bukittinggi khas atau jajanan khas dari kota ini. Rasanya tidak afdol jika mengunjungi tempat wisata tanpa membeli makanan khas dari wilayah aslinya. Bagi Anda yang berasal dari mancanegara, Anda pun dapat mendapatkan penginapan dengan mudah karena sudah tersedia banyak penginapan.

Demikian penjelasan mengenai tempat wisata di Bukittinggi yang indah dan menantang. Sebaiknya jangan lupa untuk selalu merekam moment istimewa Anda dan banggalah karena menjadi warga negara Indonesia yang mempunyai kekayaan alam yang indah.

4 Tempat Wisata di Bukittinggi Yang Menarik dan Indah | Dina Qyu | 4.5