10 Tempat Wisata di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Padang merupakan ibu kota dari Sumatra Barat. Kota ini cukup terkenal akan adat istiadatnya dan beberapa legenda yang beredar di tengah masyarakat. Beberapa cerita terkenalnya adalah Siti Nurbaya dan Legenda Malin Kundang. Permukaan kota ini terdiri dari beberapa bentuk, yakni lautan dan daratan serta pegunungan. Inilah beberapa tempat wisata di Padang.

10 Rekomendasi beberapa tempat wisata di Padang

  1. Lembah Anai
Lembah-Anai

Lembah Anai

Tempat wisata ini terletak di bagian tepi jalan trans Sumatra. Di sini Anda akan menjumpai 3 buah air terjun. Namun, ada satu air terjun paling terkenal yang berlokasi di pinggir jalan, yakni Lembah Anai. Untuk menuju tempat ini, Anda harus melalui jarak sekitar 60 KM yang akan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam dengan kendaraan bermotor.

  1. Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)
Pantai-Aie-Manih

Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)

Tempat wisata yang ada di Padang ini lebih sering disebut dengan Pantai Air Manis yang cukup terkenal bagi wisatawan. Pemandangannya yang indah membuat orang-orang tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Terlebih dengan Gunung Padang di dekat pantai membuatnya semakin indah. Selain itu, ternyata pantai merupakan saksi bisu legenda Malin Kundang. Dalam kisah ini, Malin Kundang dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena menjadi anak yang durhaka. Di pantai inilah Malin Kundang menjadi batu dan Anda dapat melihatnya sendiri.

  1. Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan-Siti-Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Dilihat dari namanya, nama jembatan ini terinspirasi dari sebuah cerita terkenal dari Marah Rusli. Terdapat kapal-kapal dari kayu yang berlalu lalang di bawah jembatan sehingga membuat pemandangan lebih menarik. Terlebih ketika matahari akan tenggelam. Pada malam hari, tempat ini akan dilengkapi dengan berbagai wisata kuliner yang menyajikan banyak makanan.

  1. Pantai Nirwana
Pantai-Nirwana-Padang

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana terletak di sebelah selatan kota Padang sekitar 14 KM yang tidak jauh dengan Pelabuhan Teluk Biyur. Untuk sampai di tempat ini, tidak ada kesulitan yang berarti karena mudahnya akses jalan yang diberikan. Suasana pantai ini sangat nyaman dan segar. Namun, sore hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke pantai ini agar dapat melihat terbenamnya matahari dengan sempurna.

  1. Air terjun Tiga Tingkat
Air-terjun-Tiga-Tingkat

Air terjun Tiga Tingkat

Objek wisata yang ada di Padang tepatnya di Desa Cendikar yang merupakan tempat wisata paling misterius di Padang. Sebutan ini didasarkan karena masih banyak orang-orang yang belum mengetahui bagaimana dan di mana wisata ini. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang dilalui oleh air yang jernih. Jika Anda ingin naik ke tingkat ketiga maka dibutuhkan usaha yang lebih karena jalannya yang licin sehingga harus merangkak-rangkak.

  1. Pantai Padang
Pantai-Padang

Pantai Padang

Pantai ini memiliki jarak dan akses yang cukup mudah untuk dilalui karena berlokasi di pusat kota Padang. Pemandangan yang indah dapat Anda jumpai dengan berbagai batu-batu yang ada dipinggir pantai sehingga cocok untuk beristirahat. Terlebih dengan pegunungan yang ada disekitar pantai sehingga akan menjadi lebih indah jika dilihat pada malam hari.

  1. Pantai Pasir Jambak
Pantai-Pasir-Jambak

Pantai Pasir Jambak

Salah satu tempat wisata di Padang yang cukup diminati oleh para muda-mudi adalah Pantai pasir Jambak. Pemandangan yang indah dan romantis membuatnya semakin menarik, terlebih ketika terbenamnya matahari. Dari kota padang, hanya memerlukan waktu 30 menit dengan kendaraan bermotor. Apabila Anda menginginkan suasana tenang maka pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi.

  1. Miniatur Makkah
Miniatur-Makkah

Miniatur Makkah

Berdasarkan nama tempat wisata di Padang ini sudah diketahui menyuguhkan wisata religi yang terletak di Lubuk Minturin. Wisata ini terbilang cukup baru karena dibangun pada tahun 2010. Tak jarang wisata ini digunakan sebagai tempat bagi para calon haji untuk berlatih. Namun, tidak hanya itu. Wisata ini mempunyai beberapa satwa yang bisa dilihat, seperti ikan, unta, dan ular. Berkunjung di tempat ini akan memberikan pengalaman yang unik dan terasa spiritualnya.

  1. Museum Adityawarman
Museum-Adityawarman

Museum Adityawarman

Museum ini merupakan salah satu museum yang terkenal di kota Padang. Tahun berdirinya pun juga cukup lama, yakni 1974 sehingga menjadi ikon Padang. Untuk fasilitas yang disuguhkan hampir sama dengan Taman Mini di Jakarta hanya saja museum ini memiliki area yang lebih kecil, sekitar 2,6 hektar. Beberapa benda bersejarah bagi kota Padang disimpan dan dijaga di sini.

  1. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik

Salah satu tempat wisata di Padang ini juga disebut dengan Scenic Point dengan ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Pemandangan yang indah dan luas dari pepohonan menjulang akan Anda dapatkan jika berkunjung di tempat ini. Selain itu, pemandangan Samudra Hindia juga dapat dilihat. Jika Anda merasa lelah dalam perjalanan, disediakan pula tempat pemandian umum yang dapat dijadikan tempat istirahat. Pemandangan akan lebih indah jika dilihat pada malam hari.

Demikian beberapa tempat wisata di Padang  yang dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu istirahat. Terdapat pantai, lembah, air terjun dan tempat rekreasi lainnya yang menjadi ikon kota Padang.

10 Tempat Wisata di Padang Yang Wajib Dikunjungi | Zikra | 4.5